Kabar Kampus

7 Dosen Muda IAIN Palangkaraya Lulus Rekrutmen Beasiswa Program Doktoral

Itu karena, kesempatan dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 kini di depan mata.

7 Dosen Muda  IAIN Palangkaraya Lulus Rekrutmen Beasiswa Program Doktoral
Istimewa
Sapuadi, dosen IAIN Palangkaraya 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Perguruan tinggi IAIN Palangkaraya kembali akan menambah sejumlah dosen bergelar doktor. Itu karena, kesempatan dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 kini di depan mata.

Ya, dari 297 rekrutmen baru dosen untuk program 5000 Doktor Kementerian Agama pada Tahun 2019 yang diterima se-Indonesia,7 orang di antaranya merupakan dosen muda di IAIN Palangkaraya.

"Mereka memang layak menerima Beasiswa Doktoral dari Kementerian Agama sebab yang saya tahu tujuh orang ini selain memang punya kualitas juga merupakan penulis handal, itu bisa dibuktikan tulisan mereka sudah dibuat dan diterbitkan oleh jurnal internasional berepotasi," ujar Sapuadi, salah satu dosen IAIN Palangkaraya kepada Tribunkalteng.com.

Dewan Riset dan Rektor IAIN Palangkaraya akan Bicara Soal Pemindahan Ibukota, Catat Jadwalnya!

Download Lagu Via Vallen Lengkap, Dangdut Koplo Senorita Sampai Memori Berkasih Full Video

Bayi Kembar Ditemukan Tewas, Sang Ibu Kritis dengan Luka, Suami Tak Bisa Masuk karena Pintu Terkunci

Sebagaimana penetapan penerima program Doktoral oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam dengan Surat Keputusan Nomor 4832 Tahun 2019 tanggal 30 Agustus 2019, sebut Sapuadi, sebanya 200 dosen diikutkan untuk program doktoral di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Selebihnya yang 97 orang, merupakan dosen yang akan menjalani program doktoral di Perguruan Tinggi Umum.

Program yang sudah berlangsung selama 12 Tahun sejak 2007 lalu, bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualifikasi akademik pendidik dan tenaga kependidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) serta membantu PTKI dalam pemenuhan kebutuhan tenaga pengajar dan tenaga kependidikan yang berkualitas sesuai persyaratan perguruan tinggi yang berkualitas dan berstandar nasional.

Tujuh dosen muda yang mendapatkan program beasiswa doktoral itu adalah Abdullah, Santi Erliana, Muhammad Nasir, Sri Fatmawati, Suhartono, Yatin Mulyono dan Luvia Ranggi Nastiti.

Menurut Sapuadi yang merupakan dosen di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangkaraya, tahun ini merupakan tahun keberuntungan bagi IAIN Palangkaraya sebab ada 7 orang yang berhasil diterima dalam program doktoral Kementerian Agama.

"Empat dari 7 orang yang dinyatakan lulus rekrutmen ini adalah dosen muda Program Studi Pendidikan Fisika. Mudah-mudahan ini merupakan modal besar bagi kemajuan IAIN Palangkaraya ke depan," timpal Sapuadi.

Dengan akan bertambahnya dosen calon doktor, IAIN Palangkaraya dalam 6 sampai 7 tahun yang akan datang sudah memiliki Guru Besar khusus di Prodi Pendidikan Fisika dan Pendidikan Biologi.

Dia berharap, dosen muda IAIN Palangkaraya pada 2020 lebih banyak lagi yang mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan doktoral.

"Walaupun tidak selalu ikut Program 5000 Doktor Kementerian Agama, paling tidak mendukung Sukses Pelaksanaan Program 5000 Doktor di Kementerian Agama," kata Sapuadi yang juga Ketua Pusat Studi Pengembangan Kurikulum Kalimantan Tengah. (Tribunkalteng.com/Mustain Khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved