Kabar Palangkaraya

Jauh di Atas Batas Ideal, Penghuni Rutan Palangkaraya Masih Didominasi Kasus Narkoba

ideal penghuni rutan Palangkaraya hanya 130 saja, tetapi karena banyak perkara atau kasus yang ditangani, sehingga jumlah penghuni rutan over kapasist

Jauh di Atas Batas Ideal, Penghuni Rutan Palangkaraya Masih Didominasi Kasus Narkoba
tribunkalteng.com/fathurahman
Petugas Rutan Kelas II A Palangkaraya, saat melayani seorang warga yang berkunjung ke lembaga tersebut, belum lama tadi. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Penghuni rumah tahanan negara (Rutan) Palangkaraya, Kalimantan Tengah, hingga, Jumat (1/3/2019) masih didominasi oleh tahanan atau narapidana dari kasus penyalahgunaan narkoba.

Bahkan, informasi yang terhimpun dari Kepala Rumah Tahanan Negara Palangkaraya, Akhmad Zaenal Fikri, menyebutkan hingga saat ini tahanan kasus narkoba yang menghuni Rutan Palangkaraya masih mendominasi yakni mencapai 70 persen dari 600 lebih penghuni yang ada saat ini.

Menurut dia, ideal penghuni rutan Palangkaraya hanya 130 saja, tetapi karena banyak perkara atau kasus yang ditangani, sehingga jumlah penghuni rutan over kapasistas dari jumlah ideal yang selayaknya dihuni oleh warga binaan.

Tahun Ini Mulai Perekrutan Secara Bertahap, Kebutuhan Transmigran Kalteng Capai 1,4 Juta Jiwa

Seluruh Sekolah di Kalteng Siap Gelar UNBK, Siswa Mulai Jalani Tryout Hadapi UN

"Rata-rata hunian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan Negara (Rutan) memang demikian. Makanya, kami selalu melakukan koordinasi antar lembaga agar bisa membagi atau menempatkan tahanan atau narapidana tersebut, agar tidak berdesakan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Lembaga Pemasyarakatan (Kadivas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Kalteng, Hanibal, mengatakan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan pelayanan untuk hunian Lapas maupun Rutan.

Salah satunya dengan menyediakan Lapas Narkoba tersendiri di Kasongan serta menempatkan lapas khusus untuk kaum perempuan yang ada di Jalan Tjilik Riwut."Semuanya akan secara bertahap dilakukan pembenahan, termasuk fasilitas umumnya," ujarnya. Tribunkalteng.com/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved