Kesehatan

Kemoterapi Malah Bikin Rambut Sutopo Purwo Nugroho Tumbuh Lagi, Ini Penjelasannya

Dalam postingan di Twitter yang diunggahnya Rabu (12/12/2018),Sutopo menceritakan bahwa sebelum kemoterapi dia mengalami kebotakan menahun.

Kemoterapi Malah Bikin Rambut Sutopo Purwo Nugroho Tumbuh Lagi, Ini Penjelasannya
(kompas.com/fitria chusna farisa)
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Gambar diambil pada Kamis (4/10/2018) di ruang kerjanya. 

TRIBUNKALTENG.COM - Sosok Sutopo Purwo Nugroho memang dikenal dekat dengan awak media. Keseharian Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini memang banyak diisi dengan membagikan informasi tentang kebencanaan di Indonesia melalui media sosial.

Tidak itu saja, ia juga sering menuliskan perjalanan hidupnya termasuk ketika harus berhadapan dengan Kanker paru yang diidapnya.

Diantaranya yang terbaru, Sutopo menceritakan  dampak unik yang dialaminya setelah melakukan kemoterapi.

Dalam postingan di Twitter yang diunggahnya Rabu (12/12/2018), pria asal Boyolali itu menceritakan bahwa sebelum melakukan kemoterapi dia mengalami kebotakan menahun.

Mahasiswi Akper Asal Muara Teweh Ditemukan Tak Bernyawa di Kamar Kos, Ini Reaksi Teman-temanya

Listrik Sering Padam, Pendeta di Kalteng Datangi PLN

Sebut Hotman Paris Pengacara Tua, Hilda Vitria Merasa Dilecehkan

"Puluhan shampo dan penumbuh rambut saya gunakan, tapi rambut tak tumbuh jua," tulis Sutopo.

"Pasca kemoterapi, rambut saya malah tumbuh. Biasanya kemo rambut rontok dan botak. Saya malah tumbuh," sambungnya masih dalam cuitan yang sama disertai gambar sebelum dan sesudah melakukan kemoterapi.

Bertahun-tahun saya botak. Puluhan shampo & penumbuh rambut saya gunakan. Tapi rambut tak tumbuh jua. Pasca kemoterapi rambut saya malah tumbuh. Biasanya kemo rambut rontok-botak. Saya malah tumbuh.

Buat pria botak, silakan ikut kemo jika ingin tumbuh rambut.#2019GantiRambut pic.twitter.com/shqdG2jjKm

Sutopo Purwo Nugroho (@Sutopo_PN) December 12, 2018

Berkaitan fenomena yang dialami Sutopo, sebagaimana dilansir Kompas.com, Ketua Umum Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) dan Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Profesor Dr dr Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD-KHOM menjelaskan, kemoterapi tidak melulu membuat rambut pasien yang diterapi rontok.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved