Kalteng Kita

Parah! Sudah Ratusan Hektare Lahan di Kalteng Terbakar

Jumlah luasan lahan yang terbakar hingga empat ratus hektere tersebut tersebar pada sepuluh daerah yakni

Parah! Sudah Ratusan Hektare Lahan di Kalteng Terbakar
Istimewa
Kebakaran kahan di wikayah Kotawaringin Barat beberapa hari lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalteng serta kabupaten dan kota serta Tim Penanggulangan Kebakaran lahan di Kaimantan Tengah mulai konsentrasi dalam penanggulangan kebakaran lahan dalam beberapa minggu terakhir.

Pasalnya hingga, Rabu (21/2/2018) berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalimantan Tengah, tercatat, jumlah luasan lahan yang terbakar mencapai 482 hektare sejak Januari hingga Februari 2018 terjadi sebanyak 46 kali kebakaran lahan.

Jumlah luasan lahan yang terbakar hingga empat ratus hektere tersebut tersebar pada sepuluh daerah yakni, Barito Utara, Kapuas, Gunungmas, Katingan, Palangkaraya, Kobar, Kotim , Seruyan, Sukamara dan Barito Selatan.

Baca: Gugah Selera dari Roti Tawar Menjadi Puding Roti Almond, Begini Caranya

Akibat mulai maraknya kebakaran lahan tersebut, Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, sejak tanggal 20 Februari 2018 hingga tanggal 21 Mei 2018 sudah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah, yang artinya semua daerah mewaspadai daerahnya dari kebakaran lahan.

Beberapa warga di Kobar, bahkan sudah menggelar salat istisqo (salat minta hujan) agar kebakaran lahan yang cukup marak terjadi di Kobar bisa segera teratasi dengan turunnya hujan alam membasahi lahan yang terbakar tersebut.

"Kami berharap dalam beberapa hari ini turun hujan sehingga kebakaran lahan bisa padam, dan jangan ada asap pekat lagi seperti kejadian tahun 2015 silam,"ujar Bambang, warga Korawaringin Lama, Pangkalanbun, Kobar. (TRIBUNKALTENG.COM/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help