TribunKalteng/

Kalteng Kita

100 Pemuda Kalteng Tuntaskan Program Pemagangan, Begini Hasilnya

Selain di Palangkaraya, program serupa juga dilakukan di Muarateweh dan Kapuas.

100 Pemuda Kalteng Tuntaskan Program Pemagangan, Begini Hasilnya
Istimewa
Kepala Disnakertrans Kalteng Syahril Tarigan menyerahkan sertifikat pemagangan kepada perwakilan peserta, Kamis (5/10/2017). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Lima bulan mengikut program pemagangan dalam negeri, para peserta kini sudah berhasil menyelesaikan tugasnya.

Hasilnya, kini para peserta dinyatakan telah siap terjun ke lapangan kerja.

Kamis (5/10/2017), program pemagangan yang digelar sejak Mei 2017 ini ditutup. 

Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Pujo Haryanto, menyebut penyelenggaraan program pemagangan dalam negeri kali ini dilakukan untuk program kejuruan tata busana IV, Tata Boga, Tata Kecantikan rambut, perhotelan, teknik komputer dan jaringan, usaha perjalanan wisata, akunting, dan otomotif.

"Dari 100 peserta pemagangan, ada 30 peserta yang telah direkrut oleh dunia industri. Mudah-mudahan sisanya juga nanti direkrut atau bisa memulai masuk ke dunia kerja sesuai kompetensi yang dimiliki," terang Pujo.

Selain di Palangkaraya, program serupa juga dilakukan di Muarateweh dan Kapuas. Di ibukota Barito Utara, peserta mencapai 50 orang dan di Kapuas 200 peserta.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng Syahril Tarigan, ketersediaan lapangan kerja memang belum sesuai dengan jumlah angkatan kerja.

Di Kalteng ada lebih dari 48 ribu pencari kerja. Disnakertran Kalteng sendiri menargetkan bisa memagangkan setidaknya 2 ribu calon tenaga kerja dalam beberapa tahun mendatang.

Namun yang bisa mendapat program ini pada 2017 baru 350 orang yang mengikuti program pemagangan tersebut.

"Kita harapkan tidak ada alumni magang, semua diharapkan bisa terserap di dunia kerja. Magang merupakan masa seleksi, beruntung mereka yang bisa direkrut. Bagi yang belum, diharapkan bisa introspeksi," kata Syahril. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help