Berita Kalsel

Dapur Umum Bermunculan Jelang Haul Guru Sekumpul, Warga Kabupaten HSU Siapkan Nasi Bugkus

Beberapa dapur umum terlihat, menjelang Haul Guru Sekumpul 2023 di Pondok Pensantren Darul Ulum.

Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com / Danang Ristiantoro
Haul Guru Sekumpul ke - 18 atau haul Guru Sekumpul KH Muhammad Zaini Bin Abdul Gani, juga digelar di Masjid Sirajul Muhtadin Pangkalan Bun, Kbaupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. 

TRIBUNKALTENG.COM, AMUNTAI -Jelang haul guru sekumpul yang akan dilaksanakan, Kamis (26/1/2023) warga Hulu Sungai Selatan banyak membuat dapur umum.

Warga setempat bergotong -royong dalam dapur umur untuk menyediakan makanan yang akan diberikan kepada jamaah yang akan hadir dalam haul guru sekumpul.

Rasa kebersamaan tampak terasa saat digelarnya Haul Guru Sekumpul  ke-18. Betapa tidak ada yang menyumbang sapi atau kerbau untuk mendukung kegiatan haul guru sekumpul tersebut.

Beberapa dapur umum terlihat, menjelang Haul Guru Sekumpul 2023 di Pondok Pensantren Darul Ulum.

Letak ponpes tersebut di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca juga: Petugas Rekayasa Lalu Lintas, Saat Kerukunan Bubuhan Banjar Kobar Gelar Haul Guru Sekumpul

Baca juga: KBB Kobar Gelar Peringatan Haul Guru Sekumpul ke 18 di Masjid Sirajul Muhtadin Pangkalan Bun

Baca juga: Hindari Macet ke Haul Guru Sekumpul Kabupaten Banjar, Jemaah Bisa Lewat Jalur Darat dan Sungai

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, Rabu (25/1/2023), salah satu aktivitas dapur umum nampak terlihat di Desa Kembang Kuning yang berada di tepi Sungai Negara. Tepatnya di depan Langgar Nurul Wahdah.

Puluhan warga, laki-laki dan perempuan hingga anak-anak sedang sibuk membuat nasi bungkus yang dimasak sendiri secara gotong-royong.

Nasi beserta lauk yang telah dibungkus dengan kertas, disertai satu air mineral kemasan gelas, lalu dimasukan ke kantong kresek kecil dan siap untuk dibagikan secara gratis ke jemaah.

"Ini untuk dibagikan bagi jemaah haul Guru Sekumpul. Ada 10 ribu bungkus yang kami masak di sini. Kalau dapur umumnya, selain di sini, juga banyak lagi di lokasi lain," ujar H Kamal, warga Desa Kembang Kuning.

Menurutnya, semua bahan yang dimasak hasil dari sumbangan warga secara sukarela dan memasak pun dilakukan bersama-sama oleh warga.

"Ada yang nyumbang sapi dan ada juga satu yang menyumbang kerbau. Kalau lauk lainnya, ada telur dan juga ikan asin, ujarnya.

iblklfvf
Warga gotong-royong untuk membuat nasi bungkus di dapur umum depan Langgar Nurul Wahdah, Desa Kembang Kuning, Rabu (25/1/2023), untuk dibagian kepada Jemaah yang akan menghadiri Haul Guru Sekumpul di Pondok Pensantren (Ponpes) Darul Ulum, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan. BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN

Sedangkan untuk beras yang dimasak di dapur umum ini sebanyak 30 blek. Belum termasuk beras yang dimasak di rumah-rumah.

Aktivitas memasak di dapur umum ini sudah dilakukan sejak pagi dan makanan yang diibungkus rencananya akan dibagikan setelah magrib.

"Nanti dibagikan di posko sekitar dapur umum dan juga depan ponpes," ujarnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Haul Guru Sekumpul 2023 di Kabupaten HSU, Warga Gotong-royong Siapkan Makan Gratis

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved