Berita Kalsel

Hindari Macet ke Haul Guru Sekumpul Kabupaten Banjar, Jemaah Bisa Lewat Jalur Darat dan Sungai

Jemaah yang akan ke lokasi Haul Guru Sekumpul bisa melewati dua jalur alternatif yang bisa di lewati terutama jalur darat dan jalur sungai.

Editor: Fathurahman
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Dermaga apung di Desa Pekauman Ilir untuk keperluan Haul Guru Sekumpul di rumah pribadi Gubernur Kalimantan (Kalsel), H Sahbirin Noor, di Jalan Kertak Baru, Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Selasa (24/1/2023). 

TRIBUNKALTENG.COM, MARTAPURA - Jemaah yang akan ke lokasi Haul Guru Sekumpul bisa melewati dua jalur alternatif yang bisa di lewati terutama jalur darat dan jalur sungai.

Penyelenggara telah membuat enam demaga telah dibangun bagi warga yang ingin melewati jalur sungai langsung ke lokasi haul guru sekumpul di Kampung Keramat Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar.

Demikian juga untuk jalur alternatif darat ke lokasi Haul Guru Sekumpul juga akan dialihkan untuk Kamis (26/1/2023) besok, ada beberapa titik jalur alternatif yang direkayasa.

Ini, agar jemaah lancar menuju lokasi Haul Guru Sekumpul 2023, sehingga dibuat sejumlah rute alternatif agar terhindar dari kemacetan.

Rute alternatif menuju lokasi Haul Guru Sekumpul 2023 itu ada jalur darat dan sungai.

Memang, mendukung kelancaran pelaksanaan haul ke-18 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menerbitkan surat edaran pengalihan rute lalu lintas dan angkutan jalan untuk mengantisipasi kemacetan panjang.

Baca juga: Haul Guru Sekumpul ke-18 di Martapura, Akses Sungai Disiapkan Dermaga Apung dan 26 Perahu Karet

Baca juga: Haul Guru Sekumpul 2023, Kisah Karomah Guru Ijai Mimpi Bertemu Sayyidina Hasan dan Husin

Baca juga: Ada Kue Khas Banjar 41 Macam, Pembangunan Panggung Utama Haul Guru Sekumpul Capai 90 Persen

Diketahui, Haul Guru Sekumpul 2023 yang terbuka untuk umum dan merupakan inisiatif ulama Banua ini digelar di kediaman pribadi Gubernur Sahbirin Noor atau Paman Birin di Kampung Keramat, Martapura Timur, Kamis (26/1/2023) malam.

Melalui Surat Edaran Nomor: 451/00317/KESRA yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar pada 26 Januari 2023, akan dilakukan penutupan Jalan Martapura Lama dan Jalan Kertak Baru serta Jalan KH. Anang Sya’rani Arif.

Selama haul dan pascakegiatan pada 26-27 Januari 2023 dan pada 31 Januari 2023, kendaraan angkutan bersumbu 3 atau lebih (roda 6 atau lebih) agar tidak beroperasi sepanjang Jalan A Yani.

Guna menghindari kemacetan, kendaraan yang akan melewati Jalan A Yani di Kabupaten Banjar pada 26- 27 Januari 2023 akan dialihkan.

Pada pukul 12.00-24.00 Wita masyarakat diminta menggunakan jalur Mataraman-Sungai Ulin.

Sedangkan masyarakat yang melintas dari Kandangan menuju Banjarmasin diminta menggunakan jalur Kandangan-Margasari Marabahan.

Pemprov Kalsel juga menyediakan dermaga bagi masyarakat yang menggunakan mode transportasi sungai.

Sebanyak enam dermaga disediakan, di antaranya tiga dermaga VIP, serta tiga dermaga untuk umum.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved