Berita Kobar

Jelang Nataru 2023, Sebanyak 148 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Kotawaringin Barat

Jelang Nataru 2023, pengamanan wilayah kotawaringin barat diperketat dengan mengerahkan sebanyak 148 personel gabungan.

Penulis: Danang Ristiantoro | Editor: Fathurahman
Humas Polres Kobar
Jelang Nataru 2023, Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022. 

TRIBUNKALTENG.COM, PANGKALAN BUN - Jelang Nataru 2023, pengamanan wilayah kotawaringin barat diperketat dengan mengerahkan sebanyak 148 personel gabungan.

Polres Kobar melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin 2022, di Mapolres Kobar, pada Kamis (22/12/2022).

Apel dipimpin langsung oleh Kepolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, dan dihadiri oleh jajaran Pemkab Kobar, unsur TNI serta organisasi masyarakat.

AKBP Bayu Wicaksono menyampaikan, bahwa untuk pengamanan operasi nataru ini atau operasi lilin pihaknya diperkuat oleh personil gabungan.

"Pengamanana akan diperkuat oleh tim gabungan TNI Polri dan pemerintah daerah sebanyak 148 personel," kata Bayu Wicaksono.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun 2022 Banjir Rob Ancam Kobar, Warga Pesisir Pantai Kumai Diminta Waspada

Baca juga: Ikatan Alumni UPR Akan Gelar Reuni Akbar Siapkan SDM Handal, Dukung Kalteng Jadi Penyangga IKN

Baca juga: Belasan Pengendara Motor Terjatuh di Jalan Nasional Sungai Rangas HST, Terdampak Ceceran Solar

Selanjutnya, dari 148 personel tersebut nantinya akan disebarluaskan ke beberapa titik pos, diantaranya ada dua pos pengamanan, dua pos pelayanan, dua pos terpadu dan juga ada beberapa pos pantau yang ada di Pangkalan Banteng, Pangkalan Lada dan Kotawaringin Lama.

Disamping itu, untuk menjaga Kamtibmas selama Nataru, pihaknya juga telah menyiapkan 50 personil gabungan dengan staf Polres Kobar.

"Apabila sewaktu-waktu ada gangguan Kamtibmas, tim ini juga siap untuk kita dorong bersama dengan unsur TNI, tentu hal ini juga sudah kami koordinasikan," tuturnya.

Diungkapkannya, dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru ini pihaknya sudah melaksanakan beberapa rangkaian. Diantaranya melaksanakan kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral yang dihadiri oleh unsur Pemda unsur TNI dan beberapa stakeholder terkait lainnya.

"Kita samakan persepsi, dengan evaluasi pengamanan tahun lalu, agar tahun ini bisa lebih siap dan lebih baik lagi pengamanannya," ungkapnya.

Kemudian secara internal, Polres Kobar sudah melaksanakan Latpraops (Latihan Pra Operasi) untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada anggota-anggota pelaksana operasi nantinya, terkait ancaman-ancaman dan gangguan yang akan dihadapi.

"Tahun ini tentunya berbeda karakteristiknya dengan yang sebelumnya, ada dinamika yang berkembang yang memang perlu kita antisipasi, dan pada hari ini juga kita sudah lakukan apel gelar pasukan operasi lilin 2022," sebutnya.

kapolres kobar pimpian lalilin
Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022.

AKBP Bayu Wicaksono mengajak masyarakat untik dapat berpartisipasi dalam pengamana Nataru ini, dengan memberikan informasi bila ada gangguan Kamtibmas, melalui call center yang ada, dan sudah dibagikan di beberapa media sosial dan juga di kantor-kantor kepolisian dan tempat-tempat strategis.

"Kami berharap bantuan dari masyarakat untuk memberikan informasi, karena kami yakin di beberapa tempat juga punya potensi kerawanan, seperti peredaran narkoba dan kegiatan masyarakat yang sangat masif tentunya, terutama pada saat malam tahun malam tahun baru nanti," pungkasnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved