Berita Palangkaraya

Hadapi Natal dan Tahun Baru 2023, Pemprov Kalteng Subsidi Beras Karau dan Premium Pulen

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan subsidi beras untuk menekan angka inflasi dan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2023.

Editor: Fathurahman
istimewa
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalteng Riza Rahmadi dan Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Kalteng, Amrullah Jumat (9/12/2022) saat memantau Gudang Bulog Kalteng di Jalan Tjilik Riwut km 7 Palangkaraya. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan subsidi beras untuk menekan angka inflasi dan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2023. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA- Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan subsidi beras untuk menekan angka inflasi dan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2023.

Beras yang diberikan subsidi hadapi Natal dan tahun Baru 2023 tersebut yakni Beras Premium Karau dan Beras Premium Pulen yang selama ini di sukai oleh warga Palangkaraya dan Sampit.

Jumlah beras yang diberikan subsidi tersebut yakni, Beras Karau sebanyak 1.350 ton sedangkan Beras Premium Pulen sebanyak 1.350 ton  sehingga total 2.750 ton.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalteng Riza Rahmadi, Jumat (9/12/2022) mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pemantauan di gudang Bulog bersama kepala Bulog Kalteng, untuk ketersediaan beras Jelang Nataru.

Diungkapkan dia, Pemprov Kalteng dan Perum Bulog sudah menandatangani kesepakatan terkait penyediaan beras bersubsidi tersebut.

Baca juga: Bebas Tuntutan Hukum Lewat Restoratif Justice, Tersangka Kecelakaan Lalulintas Tabalong Sujud Syukur

Baca juga: Kejari Pontianak Tahan 2 Tersangka Dugaan Korupsi, Proyek IPAL Lindi Rugikan Negara Rp 1 Miliar

Baca juga: Pasar Penyeimbang, Suplai 4,5 Ribu Ton Bulog Kalteng Upayakan Harga Beras Stabil dan Terjangkau

Baca juga: Rumah Rehab Program Dana Desa, Milik Penyandang Disabilitas di Desa Kinarum Tabalong Terbakar

"Beras yang kami subsidi tersebut untuk beras Karau disukai masyarakat Kota Palangkaraya sedangkan beras Premium Pulen disukai warga Sampit," terangnya.

Dia berharap dengan adanya dua pilihan beras tersebut akan mampu mengendalikan Inflasi di Kalteng.

"Tentu harapan kami dengan ketersediaan beras tersebut di Gudang Bulog, nantinya bulog akan mendistribusikan beras subsidi tersebut ke masyarakat," ujarnya.

Menurut dia,  beras subsidi tersebut nantinya akan disebar ke seluruh Wilayah Kalteng termasuk ke lokasi pasar murah.

" Terkait ketersediaan bahan pangan lainnya hingga saat ini Kalteng masih aman untuk Provinsi Kalimantan tengah," terangnya.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Kalteng, Amrullah, mengatakan, program pemberian subsidi sudah sangat baik, agar nantinya akan pengaruh dengan beras siam, yang saat ini tinggi di pasaran bisa turun.

"Dengan adanya beras subsidi masyarakat memiliki alternatif  lain selain beras siam, yakni beras karau dan premium pulen yang harganya jauh lebih rendah," terangnya.

Amrullah mengatakan, distribusi beras tersebut nantinya akan diberikan kepada Pasar penyeimbang di Palangkaraya dan Sampit juga toko-toko yang ada.

Terkait ketersediaan beras Bulog jelang Natal dan Tahun Baru 2023.  Menurut Amrullah, khusus untuk beras yang ada di gudang jumlahnya cukup banyak.

"Persediaan beras cukup banyak di gudang, baik beras subsidi dan PSO apalagi dalam waktu dekat akan kembali datang beras di Kalteng," terangnya.

Dikatakan dia, dalam tiga bulan kedepan ketersediaan beras Bulog yang ada berkisar antara 2.500 ton hingga 3.000  ton. "Penyaluran perbulan sekitar 750 ton," ujarnya. (*)

 

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved