Berita Palangkaraya

Pasar Penyeimbang, Suplai 4,5 Ribu Ton Bulog Kalteng Upayakan Harga Beras Stabil dan Terjangkau

Kantor Bulog Kalteng menyuplai 4.501.341 Kg, atau sekitar 4,5 ribu ton terhitung dalam awal 2022, maka digelarnya di Pasar penyeimbang

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
ISTIMEWA
Bulog Kantor Wilayah Kalteng saat menggelar pasar penyeimbang melalui operasi pasar murah di Palangkaraya, Sabtu (24/9/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Bulog Kantor Wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) telah menyuplai 4.501.341 Kg, atau sekitar 4,5 ribu ton terhitung dalam awal 2022 kepada masyarakat.

Hal tersebut merupakan upaya menjaga harga beras di pasaran stabil dari lonjakan harga, salah satunya akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu.

Kepala Bulog Kalteng, Amrullah menuturkan, memastikan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) telah berjalan lancar, dan tekan agar tidak ada gejolak harga di tingkat konsumen.

“Masyarakat Kalteng tidak perlu khawatir, Bulog Kalteng menjamin kebutuhan beras tersedia dengan harga terjangkau," kata Amrullah, Sabtu (24/9/2022).

Menurutnya, komoditi beras premium dan beras siam pera yang digemari masyarakat harganya saat ini masih tinggi dan menjadi penyumbang terhadap inflasi di wilayah Kalteng.

Baca juga: NEWS VIDEO, Jual Minyak Goreng Rp 13.500, Kanwil Bulog Kalteng Operasi Pasar untuk Stabilisasi Harga

Baca juga: Pemprov Kalteng Antisipasi Inflasi Usai BBM Naik, Gelar Pasar Penyeimbang dan Subsidi Bahan Pokok

Sehingga pihaknua berupaya tekan inflasi dengan melakukan kegiatan Pasar Murah dan Pasar Penyeimbang serta mendatangkan beras sejenis IR42 yang memiliki karakter mirip dengam beras siam atau pera.

Dia menilai kegiatan pasar penyeimbang melalui pasar murah cukup efektif menekan inflasi di Kalteng dan membantu masyarakat mendapatkan beras dengaan harga terjangkau dan berkualitas.

"Kegiatan ini juga merupakan realisasi dari Tiga Pilar Ketahan Pangan yang ditugaskan kepada Bulog, yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas," bebernya.

Baca juga: Sekda Kalteng Buka Pasar Penyeimbang Untuk Stabilkan Harga Sembako

Selain itu, Bulog Kalteng saat ini mempunyai jaringan kerjasama yang menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal baik secara offline maupun online.

Serta outlet-outlet binaan Perum Bulog Kalteng seperti RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar di seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai dan jaringan retail. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved