Berita Kalsel

Polres Balangan Ungkap 4 Kasus Narkotika, 7 Tersangka Ditangkap 3,63 Gram Sabu Disita

Ungkap 4 kasus tindak pidana narkotika,tujuh orang tersangka kasus berhasil diamankan oleh jajaran Satresnarkoba Polres Balangan.

Editor: Fathurahman
ILUSTRASI
ILUSTRASI. Tujuh tersangka kasus tindak pidana narkoba berhasil diamankan oleh jajaran Satresnarkoba Polres Balangan. Enam di antaranya dihadirkan langsung pada acara konferensi pers ungkap kasus tindak pidana narkotika yang digelar di Mako Polres Balangan, Senin (24/10/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PARINGIN - Ungkap 4 kasus tindak pidana narkotika, sebanyak tujuh orang tersangka berhasil diamankan oleh jajaran Satresnarkoba Polres Balangan.

Para tersangka saat ini sudah diamankan petugas untuk menjalani proses hukum atas tindak pidana yang dilakukan para pelakunya tersebut.

Dalam jumpa pers yang digelar Satres Narkoba Polres  Balangan sejumlah barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 3,63 gram dan obat curah Carisoprodol mengandung Narkotika juga dipampangkan.

Sebanyak tujuh tersangka kasus tindak pidana narkoba berhasil diamankan oleh jajaran Satresnarkoba Polres Balangan.

Enam di antaranya dihadirkan langsung pada acara konferensi pers ungkap kasus tindak pidana narkotika yang digelar di Mako Polres Balangan, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Curi Motor Pengusaha Kuliner di Palangkaraya, Fauzi Berpura-pura Pesan Ayam Geprek

Baca juga: Bayi Perempuan Ditemukan di Semak Belukar, Gegerkan Warga Teluk Pakedai Kubu Raya

Baca juga: Penanganan Banjir Kotim Harus Menyeluruh, Pemberian Bantuan Solusi Jangka Pendek

Baca juga: Ikuti Dua Kategori Lomba, Kotim Wakili Kalteng di Pesparani Katolik II Tingkat Nasional Kupang

Berdasarkan keterangan dari Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin kepada awak media, tujuh tersangka yang diamankan merupakan para pelaku dari empat kasus yang ditangani oleh Polres Balangan.

Dari ketujuh tersangka, satu di antaranya sudah inkrah oleh Pengadilan Negeri Paringin dan divonis 5 tahun penjara karena kasus narkoba tahun 2021.

AKBP Zaenal Arifin menerangkan, para tersangka ini merupakan jaringan terpisah dan diamankan di lokasi berbeda.

Adapun barang bukti, mulai dari serbuk kristal diduga narkotika jenis sabu dalam plastik klip dengan berat 3,63 gram beserta alat hisapnya, 24 butir obat curah Carisoprodol mengandung Narkotika, delapan unit Handphone beserta SIM Card, serta dua unit sepeda motor dan uang tunai Rp. 1.010.000,- (satu juta sepuluh ribu rupiah).

"Tentunya kami akan tindak tegas dan tidak ada ruang bagi para pelaku pengedar maupun yang terlibat dalam transaksi barang haram di wilayah Balangan," tegas Kapolres Balangan.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan agar warga tidak coba-coba bermain narkoba di wilayah Balangan karena hukum telah menanti apabila tertangkap dan terbukti menyalahgunakan Narkoba, baik itu pemakai, pengguna ataupun pengedar.

Adapun pasal yang disangkakan yaitu Pasal 114 Ayat (1) sub Pasal 112 Ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana minimal 4 tahun penjara dan Permenkes Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika dan atau Pasal 197 sub Pasal 196 Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana minimal 4 tahun penjara.

Terhadap enam orang tersangka saat ini telah ditahan di rutan Polres Balangan, dan seluruh barang bukti dalam kasus ini telah diamankan Satresnarkoba untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

Sementara, perihal dalih pelaku, Kasat Resnarkoba Polres Balangan, Iptu Yadiyatullah menambahkan, kebanyakan dari mereka yakni karena kebutuhan ekonomi dan ada keuntungan untuk menggunakan barang tersebut.

banjarmasin briro
Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin memaparkan penanganan kasus tindak pidana narkoba yang terjadi di Balangan, Senin (24/10/2022).

Ke depan lanjutnya, Polres Balangan akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan penyalahgunaan narkoba, utamanya pada wilayah yang rawan.

Selain itu, saat ini Polres Balangan telah melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, kalangan pelajar dan remaja tentang bahaya narkoba.(*)

 

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Ungkap Empat Kasus Narkoba, Satresnarkoba Polres Balangan Amankan 7 Tersangka

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved