Berita Palangkaraya

Stok BBM Kalteng Aman, Sebagian Subsidi BBM Akan Dialihkan ke BLT Untuk Masyarakat

PT Pertamina menjamin stok BBM Kalteng Aman, kenaikan harga untuk Pertilate & Solar dalam penyesuaian di SPBU.

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Stok BBM Kalteng Aman. Pengendara sepeda motor saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU George Obos, Palangkaraya, Kalteng.  

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - PT Pertamina menjamin stok BBM Kalteng Aman, sebagian subsidi BBM akan diaihkan untuk penyaluran bantuan langsung tunai.

Pasca penyesuaian harga baru bahan bakar minyak (BBM)) jenis Pertalite, Pertamax dan Solar subsidi siang hari ini, Sabtu (3/8/2022). 

Tak hanya itu, Pemerintah melakukan pengalihan sebagian subsidi BBM menjadi Bantuan Langsung tunai (BLT) kepada masyarakat yang kurang mampu untuk memastikan agar penggunaan subsidi tepat sasaran. 

Hal tersebut disampaikan Area Manager Communication dan CSR Kalimantan Susanto August Satria merujuk rilis resmi pihak Pertamina.

Baca juga: Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Palangkaraya, PMII Geruduk Kantor Gubernur Kalteng

Baca juga: Pertamina Imbau Masyarakat di Kalteng Tidak Panic Buying, Stok BBM Disebut Aman

Baca juga: Penimbunan BBM Palangkaraya Dibongkar, Tim PPRC Amankan Pelaku & Sita 693 Liter Pertalite Subsidi

"Insha Allah dari Pemerintah yang infokan secara resmi langsung nanti kapan pencairan BLT dan berapa jumlahnya," kata August Satria kepada Tribunkalteng.com, Sabtu (3/9/2022). 

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati melalui August Satria memastikan ketersediaan BBM Subsidi di seluruh SPBU dalam posisi aman pasca penyesuaian harga oleh pemerintah.

Dengan meninjau langsung Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC) yang berada di Gedung Graha Pertamina,

"Kami memastikan ketersediaan stok BBM Subsidi di SPBU dalam kondisi aman dan kami terus melakukan pemantauan kondisi penyaluran BBM Subsidi di lapangan," jelasnya. 

Dari pantauan lewat PIEDCC, untuk ketersediaan stok BBM Subsidi jenis Pertalite berada di level 18 hari. Sedangkan jenis Solar dalam posisi 20 hari dan terus diproduksi. Pertamina juga memastikan seluruh kilang beroperasi secara penuh.

Dengan telah diterapkannya digitalisasi SPBU, penyesuaian harga dapat langsung dilakukan dari PIEDCC.

Sehingga penyesuaian harga dapat dilakukan dalam waktu singkat sesuai keputusan pemerintah, mengingat BBM Subsidi merupakan penugasan yang harus dipertanggungjawabkan kepada negara. 

Sementara itu, untuk Harga penyesuaian terbaru BBM di Kalteng sebagai berikut:

Pertamax: Rp 14.850
Pertalite: Rp 10.000
Solar subsidi: Rp 6.800
Pertamax Turbo: 16.250
Dexlite: Rp 17.450
Pertamina Dex: 17.750

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved