Berita Palangkaraya

Tim Ditresnarkoba Polda Kalteng Berhasil Amankan 27,8 Kg Sabu Selama Januari Hingga Agustus 2022

Tim Ditresnarkoba Polda Kalteng menggelar konferensi pers, pengungkapan tindak pidana narkoba, sepanjang Januari hingga Agustus 27,8 kg sabu diamankan

Penulis: Pangkan B | Editor: Sri Mariati
TRIBUNKALTENG.COM/PANGKAN BANGEL
Pemusnahan barang bukti sitaan narkotika jenis sabu oleh Polda Kalteng dan jajaran selama bulan Juli hingga Agustus 2022, Kamis (1/9/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Tim Ditresnarkoba Polda Kalteng menggelar konferensi pers, pengungkapan tindak pidana narkoba dan pemusnahan barang bukti narkoba di Kalimantan Tengah, Kamis (1/9/2022) pagi.

Konferensi pers berlangsung di Depan Aula Arya Dharma Mapolda Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km 1, Palangka, Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dirresnarkoba Polda Kalteng Kombes Pol Nono Wardoyo, serta dihadiri oleh Kabidhumas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro, dan perwakilan dari BNNP Kalteng.

Turut hadir pula, perwakilan Kejaksaan Tinggi Negeri, perwakilan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palangkaraya.

Pengungkapan dan pemusnahan merupakan hasil kerja keras dari Polda Kalteng dan jajaran pada Juli hingga Agustus 2022.

Baca juga: Narkoba di Kalteng, Barbuk Senilai Rp 400 Juta Lebih dari 15 Tersangka Dimusnahkan di Mapolres Kotim

Baca juga: Narkoba di Kalteng, Satresnarkoba Polres Barsel Ringkus 2 Pria Asal Kalsel, Miliki 98,94 Gram Sabu

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto, melalui Dirresnarkoba Polda Kalteng Kombes Pol Nono Wardoyo mengatakan, Polda Kalteng dan jajaran telah berhasil mengungkap 96 kasus.

“Selama Juli hingga Agustus 2022 Polda Kalteng dan jajaran telah berhasil mengungkap kasus Tipidnarkoba sebanyak 96 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 117 orang,” terangnya.

Ia menambahkan selain para tersangka, ada pula sejumlah barang bukti bukti yang disita oleh petugas.

“Barang bukti yang berhasil disita berupa sabu sebanyak 6,9 Kg, ganja sebanyak 96,23 Gram dan Karisoprodol sebanyak 1.685 butir,” ungkap Dirresnarkoba.

Tak hanya pengungkapan pada Juli hingga Agustus 2022, Kombes Pol Nono juga memaparkan jumlah pengungkapan sepanjang tahun 2022.

Yang mana ini merupakan hasil pengungkapan Januari hingga Agustus 2022.

Pengungkapan kasus Tipidnarkoba oleh Polda Kalteng dan jajaran pada hingga Agustus 2022 telah berhasil mengungkap sebanyak 470 kasus.

“Jumlah tersangka sebanyak 586 orang dan barang bukti narkotika telah berhasil disita, yaitu sabu sebanyak 27,84 Kg, Ekstasi sebanyak 258 Butir, Ganja sebanyak 96,23 gram, Tembakau Gorila sebanyak 12,87 gram, Karisoprodol sebanyak 2.631 butir, dan obat daftar G sebanyak 7.098 butir obat berbagai merk,” jelas Kombes Pol Nono Wardoyo.

Baca juga: Daerah Pertambangan dan Kebun Sawit Sasaran Empuk Peredaran Narkoba di Kalteng

Pemusnahan barang bukti sitaan dengan cara menuangkan serbuk kristal sabu ke dalam air panas yang telah disiapkan dalam wadah.

Lalu ditambahkan dengan cairan pembersih lantai dan diaduk hingga larut, setelahnya cairan tersebut dibuang dan dikubur oleh petugas. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved