UCI MTB Eliminator World Cup 2022

Disambut Tradisi Adat Tampung Tawar, 28 Atlet UCI MTB Eliminator World Cup 2022 Tiba di Palangkaraya

Sesuai dengan yang dijadwalkan sebanyak 28 orang atlet UCI MTB Eliminator World Cup 2022, Rabu (24/8/2022) sudah tiba di Palangkaraya, Kalteng.

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Ghorby Sugianto
Salah seorang atlet dari Germany, Marion Fromberger (kiri) datang di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalteng. Sesuai yang dijadwalkan sebanyak 28 orang atlet UCI MTB Eliminator World Cup 2022, Rabu (24/8/2022) sudah tiba di Palangkaraya, Kalteng. Peserta berjumlah 28 orang terdiri dari puluhan negara tersebut disambut dengan tarian khas Dayak lengkap dengan aksesoris dan prosesi adat penyambutan Tampung Tawar.  

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA -Sesuai dengan yang dijadwalkan sebanyak 28 orang atlet UCI MTB Eliminator World Cup 2022, Rabu (24/8/2022) sudah tiba di Palangkaraya, Kalteng.

Para atlet UCI MTB Eliminator World Cup 2022 telah datang melalui Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Mereka disambut dengan beragam kekayaan adat Dayak. 

Setelah menuruni eksalator Bandara, peserta berjumlah 28 orang terdiri dari puluhan negara tersebut disambut dengan tarian khas suku Dayak lengkap dengan aksesoris dan prosesi adat penyambutan Tampung Tawar. 

Tampung Tawar sendiri merupakan ritual yang selalu dilakukan menyambut tamu-tamu kehormatan, bertujuan ucapan syukur, mengharapkan berkah, dan menolak bala.

Baca juga: NEWS VIDEO, Forkopimda Kalteng Siap Sukseskan UCI MTB Eliminator World Cup 2022 Palangkaraya

Baca juga: Gubernur Sugianto Sabran Tinjau Venue, Peserta UCI MTB Eliminator World Cup 2022 Tiba 24 Agustus

Baca juga: UCI MTB Eliminator World Cup 2022 Palangkaraya, Tribun Penonton Tampung Lebih 2000 orang

Terlihat mantir adat berbaju merah dengan lawung membawa sangku kecil tempat air yang dipercikan melalui dedaunan yang telah dirangkai. 

"Ya tentu saya sangat senang dan sangat gembira menyambut kedatangan para atlet dalam acara balap sepeda gunung di Palangkaraya," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Rabu (24/8/2022). 

Pihaknya pun menyambut dengan kekayaan kebudayaan Kalteng, seperti menyediakan minuman khas Kalteng Pasak Bumi, Saluang Belum dan racikan lainnya. 

Tak hanya itu, atlet Internasional bersama timnya juga diberikan lawung dan kalung lilis lamiang. Setelah itu mereka telah disiapkan penginapan di Hotel Bahalap, Palangkaraya. 

H Sugianto Sabran, bersama Wakil Gubernur Edy Pratowo, Ketua Panitia UCI MTB Eliminator World Cup 2022 Agustiar Sabran, Sekretaris panitia, Rahmat Nasution Hamka beserta jajaran Dinas turut menyambut hangat kedatangan tersebut. 

Untuk segi keamanan sendiri, Sugianto Sabran telah berkoodinasi dengan Polda Kalteng dan Korem 102 Panju Panjung, kurang lebih 1.000 personil diturunkan. 

"Sekitar 1.000 personel untuk mengamankan pagelaran UCI MTB Eliminator World Cup 2022 . Tinggal nanti kita menunggu kedatangan tamu VIP dari pemerintah pusat," pungkas Sugianto Sabran. (*)

 

 

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved