BBM Ilegal di Kapuas

Diduga 2 Kapal Kayu Angkut Ratusan Drum BBM Solar Ilegal di Kapuas Sebagian Dijual di Tambang Liar

Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla mengungkapkan, BBM tersebut diakui dijual Sebagian besar dijual ke lokasi tambang liar

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Fadly SR
Ratusan Drum diduga berisikan BBM jenis Solar diamankan di dermaga Desa Ujung Murung Kecamatan Selat Kapuas, Jumat (12/8/2022) sore. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS – Ratusan drum yang berisikan BBM jenis Solar diduga ilegal, berhasil diamankan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin di perairan wilayah Mambulau Kecamatan Bataguh Kapuas.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla mengungkapkan, BBM tersebut diakui dijual untuk keperluan bahan bakar penerangan warga.

"Sebagian besar di jual ke lokasi tambang liar," ungkap Danlanal.

Dugaan awal pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku, saudara KH nahkoda KM Berkat Usaha dan saudara MS nahkoda KM Berkat Hidayah Putri yaitu tanda selar tidak ada.

"Juga tidak memiliki Delivery Order (DO) dari Pertamina, kapal tidak standar Pertamina untuk angkutan BBM dan tidak memiliki ijin transportir," tandasnya.

Baca juga: BREAKING NEWS, TNI AL Lanal Banjarmasin Gagalkan BBM Ilegal di Kapuas, Amankan Ratusan Drum Solar

Baca juga: Tim Reskrim Polres Bulungan Ungkap Pengetap BBM di SPBU, 2 Orang dan 20 Liter Solar Diamankan

Lebih lanjut Danlanal, berterima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan ini kepada unsur-unsur yang membantu.

"Rencana ke depan tetap kami laksanakan giat patroli yang rutin di wilayah kerja Lanal Banjarmasin guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang tergabung dengan pendukung instansi terkait," ujarnya.

Salah satunya yaitu untuk menekan dan meminimalisir aktivitas kegiatan ilegal, yang dilakukan oleh kapal-kapal yang melintas serta cegah dini dan deteksi dini terhadap tingkat kerawanan lainnya.

Baca juga: Tim Gabungan Polda Kaltim Tangkap 5 Bandit Curi BBM Solar di Kapal Rig Pertamina

"Hal ini merupakan tindak lanjut perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara," pungkas Danlanal Banjarmasin.

Diketahui dugaan penyelewengan BBM Ilegal jenis solar sebanyak 194 drum (-/+38,8 KL) yang dimuat dua unit kapal kayu KM. Berkat Usaha dan KM Berkat Hidayah Putri di perairan wilayah Mambulau Kecamatan Bataguh Kapuas. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved