Techno

Steam, Epic Games, Counter Strike, Dota, Origin Diblokir, Cek Daftar Game yang Terdaftar di Kominfo

Epic Games (platform distribusi game), Steam (platform distribusi game), Dota (game), Counter Strike (game) dan Origin (EA) diblokir Kominfo

Editor: Dwi Sudarlan
Istimewa
Counter Strike, salah satu game populer yang diblokir Kominfo karena tidak mendaftarkan diri. 

TRIBUNKALTENG.COM - Ancaman Kominfo memblokir platform digital tidak main-main, mulai Sabtu (30/7/2022), sejumlah game populer diblokir.

Ada lima platform digital yang mulai diblokir Kominfo termasuk kategori platform game dan distribusi game populer yakni Epic Games (platform distribusi game), Steam (platform distribusi game), Dota (game), Counter Strike (game) dan Origin (EA)

Sebelumnya, Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) mengancam memblokir Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat atau platform digital yang tidak mendaftarkan diri.

Dampak pemblokiran itu, gamer di Indonesia tidak bisa lagi mengakses platform digital yang kena blokir.

Baca juga: Deadline 20 Juli 2022, Mengapa Kominfo Ancam Blokir WA, FB, IG dan Google? Ternyata Ini Penyebabnya

Baca juga: Binomo, IQ Option, Olymptrade Ilegal, Bappebti Blokir 1.222 Trading Ilegal, Awasi Binary Option

Baca juga: Ini Cara Blokir Nomor Telepon Spam di iPhone dan Android, Mudah Tanpa Aplikasi

Kewajiban pendaftaran ini merupakan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Mengutip Kompas.com, Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Kominfo telah mengirimkan surat teguran kepada Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, dan Origin pada Sabtu (23/7/2022) lalu.

Menurut Semuel, surat teguran itu berlaku selama lima hari kerja kerja setelah surat dikirim atau dimulai pada Senin 25 Juli sampai Jumat 29 Juli 2022.

"Jadi kami baru mengirimnya itu tanggal 23 (Juli) hari Sabtu, bukan hari kerja. Makanya berlakunya Jumat sekarang. Karena kami harus verifikasi. Jadi dikirim 23 juli. maka takedown-nya nanti (tengah) malam," ungkap Semuel dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022) sore.

Rencana pemblokiran itu benar-benar dilakukan Kominfo pada Sabtu (30/7/2022) pagi, atau sehari setelah surat teguran berlaku.

Sebaliknya, sejumlah game populer sudah mendaftarkan diri sebagai PSE Lingkup Privat di Kominfo.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved