Berita Palangkaraya

Cuaca Panas Suhu Capai 52 Derajat Celcius, Jamaah Calon Haji Palangkaraya Diminta Jaga Kesehatan 

Sebanyak  146 orang Jemaah Calon Haji Kota Palangkaraya,Kalimantan Tengah telah resmi di lepas untuk masuk  dalam dua keloter pemberangkatan.

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Ghorby Sugianto
Wali Kota Fairid Naparin saat melepas JCH untuk beribadah Haji tahun 2022 di Gedung Palampang Tarung, Kamis (16/6/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Sebanyak  146 orang Jemaah Calon Haji Kota Palangkaraya,Kalimantan Tengah telah resmi di lepas untuk masuk  dalam dua keloter pemberangkatan.

Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin secara resmi melepas Jamaah Calon Haji (JCH)  tersebut. Dia meminta untuk mewaspadai suhu cuaca panas di Arab Saudi saat menunaikan rukun islam ke 5 tersebut.

Diperkirakan suhu cuaca mencapai 52 derajat celcius, oleh karena itu JCH diminta menyiapkan kesehatan yang prima, dan siaga alas kaki supaya tidak melepuh, semprotan untuk wajah dan badan, dan air minum diminum sebelum haus. 

"Jamaah haji sudah siap , persyaratan dan lainnya. Sudah melakukan 3 kali manasik di asrama haji, KUA pahandut dan KUA jekan raya.

Baca juga: 11 Tahun Menunggu, Tukang Foto Copy Palangkaraya Akhirnya Bisa Berangkat Haji Bersama Istri

Baca juga: Bupati H Halikinnor Lepas 91 Calon Jemaah Haji Kotim, Lewat Jalur Darat Menuju Embarkasi Banjarmasin

Baca juga: Keluarga Korban Emosi, Polresta Palangkaraya Reka Ulang Kasus Pembunuhan Bukit Pinang I

Kondisi pandemi ini tidak bisa pemberangkatan 100 persen, dibagi 2 kloter," kata H Nur Widiantoro, Kepala Kantor Kemenag Palangkaraya, Jumat (17/6/2022). 

Para JCH menuju ke Embarkasi Banjarmasin dengan 14 mobil, 4 bus, patwal, patroli, dan ambulance. Tas-tas JCH diberangkatkan terlebih dahulu dengan truck. 

"Para jamaah akan diinapkan di asrama haji banjamasin di embarkasi. Disana diingatkan manasik secara singkat dan pengumuman lain," tambah  H Nur Widiantoro. 

Dia mengingatkan kepada para jamaah haji agar memperbanyak ibadah dan istirahat serta mengikuti arahan pantia saat melakukan rukun Islam ke 5 tersebut. 

Dia juga mengimbau untuk JCH siapkan fisik baik-baik menjaga imun tubuh memakai masker saat disana karena bakal bertemu dengan orang banyak dari negara lain, untuk menjaga kesehatan mereka sendiri.

Pihaknya juga berterimakasih dengan pemerintah Kota Palangkaraya telah menyumbang seragam baju batik JCH dan slayer agar mudah dikenali serta konsumsi dan transportasi ke Embarkasi juga telah didukung. 

"Dua tahun kita berjuang untuk kembali pemberangkatan JCH ke tanah suci, kini kembali melaksanakan rukun islam ke 5 tersebut. Hal itu sungguh luarbiasa karena menjadi tamu Allah di sana," ungkap Fairid Naparin. 

Kemudian dia berpesan secara pribadi, agar tidak menyepelekan obat-obatan, misalnya minyak angin atau tolak angin dan lainnya. Juga membantu sesama jamaah haji dari Palangkaraya. 

"Tulus ikhlaskan saja apapun terjadi, selama dalam perjalanan dan saat di Arab Saudi, jaga kekompakan, berangkat untuk ibadah, sungguh-sungguh," pungkasnya. (*)


 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved