Khasiat Herbal

Khasiat Pasak Bumi Tak Cuma Libido dan Vitalitas, Dapat Juga Besarkan Otot Tapi Ada Efek yang Bahaya

Banyak lagi khasiat pasak bumi yang belum diketahui masyarakat, selain sebagai obat herbal pendongkrak vitalitas dan libido

Editor: Dwi Sudarlan
banjarmasin post/isti rohayanti
Seorang petugas Kebun Raya Balangan memperlihatkan tanaman pasak bumi setinggi kurang lebih tiga meter di Kebun Raya Balangan, Kalimantan Selatan.  

TRIBUNKALTENG.COM - Pasak bumi terutama yang asli dari Pulau Kalimantan sudah populer sebagai obat herbal pendongkrak vitalitas dan libido kaum pria, tetapi banyak lagi khasiat pasak bumi yang belum diketahui masyarakat.

Saking populernya dan memang khasiat paska bumi terbukti ampuh untuk urusan libido dan vitalitas, tanaman itu sudah menjadi bagian dari pengobatan herbal di Asia Tenggara selama ribuan tahun. 

'Perburuan' pasak bumi pun terus terjadi, khasiat pasak bumi tetap diyakini banyak orang.

Apa pasak bumi itu? Apa saja khasiat pasak bumi?

Baca juga: Tak Cuma Penangkal Santet Khasiat Daun Kelor Luar Bisa untuk Kesehatan, Cegah Kanker Lindungi Ginjal

Baca juga: Khasiat Daun Sirih Jadi Obat Ular King Kobra Garaga, Panji Petualang Beri Tindakan Khusus

Baca juga: Tips Dokter Zaidul Akbar Atasi Gejala Omicron Covid-19, Khasiat Pengobatan Ala Rasulullah SAW

Mengutip Kompas.com yang melansir laman Healthline, pasak bumi adalah suplemen herbal yang berasal dari akar pohon semak hijau Eurycoma longifolia, yang merupakan tanaman asli Asia Tenggara. 

Tanaman tersebut kerap digunakan dalam pengobatan tradisional di Malaysia, Indonesia, Vietnam, dan negara-negara Asia lainnya untuk mengobati malaria, infeksi, demam, infertilitas pria, dan disfungsi ereksi.

Pasak bumi dinilai mengandung berbagai manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid, alkaloid, dan senyawa lain yang bertindak sebagai antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas.

Biasanya, pasak bumi dikonsumsi dalam bentuk pil yang mengandung ekstrak ramuan atau sebagai bagian dari minuman herbal.

Berikut khasiat pasak bumi

Melansir Hello Sehat, berikut manfaat kesehatan pasak bumi:

1. Mengatasi disfungsi seksual

Riset yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine telah membuktikan manfaat pasak bumi dalam mengatasi disfungsi seksual.

Pada studi tersebut, ditemukan kalau sebanyak 109 pria yang menjadi respondennya terbukti mengalami peningkatan gairah seksual, masalah impotensi teratasi, jumlah air mani, dan kualitas sperma semakin baik.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved