Breaking News:

Berita Kapuas

Ini Penyebab Rendahnya Realisasi Vaksinasi Covid-19 Pemerintah Kabupaten Kapuas

Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengungkapkan rendahnya realisasi vaksinasi Covid-19 karena beberapa faktor

Editor: Sri Mariati
Tribun Kalteng/Faturrahman
Vaksinasi Covid-19 semakin gencar dilakukan di seluruh Wilayah Kalimantan Tengah untuk menciptakan kekebalan kelompok dan zona hijau. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALA KAPUAS - Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengungkapkan, penyebab rendahnya realisasi vaksinasi Covid-19 di Kapuas, mengakibatkan wilayah tersebut masih berada di PPKM Level 3 untuk seluruh Kalimantan Tengah.

Diantaranya adalah geografis wilayah Kabupaten Kapuas yang cukup luas sehingga sebaran vaksinasi Covid-19 tak maksimal untuk dijangkau oleh tim medis.

"Faktor wilayah Kabupaten Kapuas membuat realisasi vaksinasi Covid-19 masih rendah, karena masih banyak warga-warga pelosok yang belum menerima Vaksinasi ini," jelas kepada Tribunkalteng.com, Rabu (8/12/2021). 

Menurutnya, hal lainya adalah karena pengaruh cuaca, keadaan alam di daerah hulu yang tidak memungkinkan menjangkau vaksinasi ke daerah pelosok-pelosok tersebut.

Baca juga: Kapuas Masih PPKM Level 3, Pemkab Kapuas Mengaku Realisasi Vaksinasi Rendah

Baca juga: Ini Hasil Kajian Ombudsman Kalimantan Tengah Terkait Kebijakan Pemkab Kapuas

“Selain adanya perubahan regulasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini juga kami diperhadapkan dengan keadaan cuaca dan alam yang tak memungkinkan dilakukannya Vaksinasi ke sana,” beber Panahan Sinaga.

Hal lainnya, adalah membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk mengikuti program pemerintah vaksinasi Covid-19 ini.

Sebab diawal-awal program vaksinasi ini berjalan masih belum mendapat respon tanggapan kurang dari masyarakat.

Baca juga: Finalis Lasqi Kapuas Juara Satu Nasional Bintang Vokalis Gambus Tingkat Remaja di NTB

“Sehingga inilah kerja kerasa kami untuk membangun pemikiran tersebut, karena dulunya masyarakat seperti abai akan pentingnya pemberian vaksinasi Covid-19 ini, untuk tercapainya herd immunity,” tegas Kepala BPBD Kabupaten Kapuas ini.

Panahatan Sinaga pun optimis dalam waktu dua minggu kedepan persentase realisasi vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kapuas dapat tercapai dan melebihi 50 persen.

Dan pasti akan berada di PPKM level 2, sebab kasus baru terkonfirmasi dan dalam perawatan hingga saat ini sudah zero kasus.

“Kami yakin Kapuas pasti bisa berada di PPKM level 2 setelah 2 minggu kedepan, karena capaian vaksin kami sudah mencapai 50 persen di waktu tersebut,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved