Berita Nasional

Survei LP3ES: Prabowo Subianto Masih Capres Terkuat, Diikuti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan AHY

Ada 4 capres terkuat berdasar survei LP3ES yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono)

Editor: Dwi Sudarlan
Tribunnews
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Ada 4 capres (calon presiden) terkuat berdasar survei Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono).

Menanggapi hasil survei yang menempatkan ketua umumnya sebagai capres terkuat, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, hasil survei tersebut menunjukkan publik menilai Prabowo yang menjabat Menhan (Menteri Pertahanan) itu, memiliki kemampuan untuk memperkuat pertahanan negara.

"Prabowo dianggap memiliki kemampuan untuk menangani harapan yang besar itu sehingga harapan yang besar dengan kemampuan yang memadai itulah yang kemudian menjadi ketemu dalam sebuah titik temu popularitas dan elektabilitas," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Lebih lanjut, Muzani mengungkapkan bahwa kader Gerindra berharap Prabowo kembali maju capres pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

Baca juga: Lihat PNS Mudik Lebaran 2021? Jangan Takut, Segera Laporkan, Begini Caranya Lewat Online

Baca juga: Ini Wajah Suami yang Tega Bunuh Istri Pakai Tombak dan Diam Saja Lihat Mayat Istri Diangkat Tetangga

Baca juga: Tertawanya Bikin Merinding, Gadis Ini Viral di TikTok: Saya Pernah Dengar Suara Asli Kuntilanak

Hal itu mengingat nama Prabowo Subianto selalu dinobatkan sebagai capres potensial di beberapa lembaga survei.

Namun, Muzani menegaskan hingga saat ini belum ada keputusan politik apa pun terkait pilpres 2024.

"Keputusan politik itu belum kita ambil karena beliau minta agar diberi kesempatan untuk berkonsentrasi menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Menteri Pertahanan, mungkin pada waktu yang tepat beliau akan memberikan kepastian itu kepada kami," ucap Muzani.

"Bila beliau sudah memberikan kepastian kepada kami tentang hal itu, secara internal kami pasti akan segera mengambil keputusan politik bahwa capres yang diajukan oleh Partai Gerindra di 2024 adalah Prabowo Subianto, itu soal waktu saja," pungkas Wakil Ketua MPR itu.

Diberitakan sebelumnya, LP3ES melakukan survei terhadap tokoh-tokoh yang berpeluang kuat jadi capres pada pemilu tahun 2024 mendatang.

Selain partai politik, LP3ES juga melakukan survei terhadap tokoh-tokoh yang berpeluang kuat jadi capres pada pemilu tahun 2024 mendatang.

Elektabilitas tertinggi masih dipegang oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan 16,4 persen, disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 12,8 persen.

Peringkat ketiga ada nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 9,6 persen.

Menariknya, ada nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono(AHY) di bawah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 8,8 persen.

Hal ini menjadikan AHY satu-satunya tokoh non pejabat publik yang masuk dalam lima besar tokoh nasional dengan elektabilitas tertinggi.

Baca juga: Tata Cara dan Doa Qunut Witir Menurut 4 Mazhab Sesuai Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Baca juga: Hari Ini Malam 25, Malam Ganjil Ramadhan 2021, Berikut 5 Sholat Sunnah Jemput Lailatul Qadar

Di bawah AHY ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 7,5 persen serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, dengan elektabilitas 6,2 persen.

Soal popularitas, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan 27,6 persen, diikuti oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri (23,3 persen).

Di luar dugaan, popularitas Ketua Umum Partai Demokrat AHY berada di posisi ketiga dengan 21,5 persen, diikuti Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 6,8 persen dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (6,1 persen).

Pengumpulan data survei ini dilakukan pada 8-15 April 2021, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur oleh 120 enumerator. Jumlah sampel 1.200 responden, terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Prabowo Jadi Capres 2024 Terkuat Versi LP3ES, Sekjen Gerindra: Kader Ingin Prabowo Kembali Nyapres 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved