Breaking News:

Berita Nasional

Seragam Satpam Berubah Mirip Polisi, Lengkap dengan Pangkat di Pundak, Begini Alasannya

Seragam satpam berubah, sekarang seragam satuan pengamanan mirip polisi, lengkap dengan pangkat di pundak, ini alasan perubahan seragam satpam

Kompas.com/situs asosiasi profesi satpam Indonesia
Seragam baru satpam yang kini mirip polisi 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Seragam satpam berubah, sekarang seragam satuan pengamanan mirip polisi, lengkap dengan pangkat di pundak, ini alasan perubahan seragam satpam.

Sekarang para anggota satpam menggunakan seragam atasan berwarna coklat muda dan bawahan berwarna coklat tua, disertai tanda kepangkatan di pundak.

Tentu saja ada latar belakang yang menyebabkan seragam satpam saat ini berubah menjadi seperti seragam polisi.

Sejak Agustus 2020, seragam dinas harian anggota satpam yang semula terdiri dari atasan putih dan bawahan biru tua, diubah menjadi atasan dan bawahan coklat muda dan coklat tua, layaknya seragam polisi.

Perubahan ketentuan seragam satpam ini tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Baca juga: Prabowo Subianto Miliki Pasukan Khusus 100 Prajurit Pilihan TNI, Semboyannya Setia dan Berani

Baca juga: Selain Musik Punk, Jack Dorsey si Pendiri Twitter Adalah Sosok Nyentrik yang Gemar Berpuasa

Baca juga: Menaker Ida Fauziah: THR Dibayar Paling Lambat 7 Hari Sebelum Lebaran

Peraturan itu diteken oleh Kapolri yang saat itu menjabat, Jenderal Idham Azis, pada 5 Agustus 2020.

Seragam satpam baru berwarna coklat itu disertai pangkat, seperti layaknya seragam polisi.

Tingkatannya, tanda pangkat pelaksana dengan segitiga satu buah, pelaksana madya dengan segitiga dua buah, dan pelaksana utama dengan segitiga tiga buah.

Brigjen (Pol) Awi Setiyono yang saat itu menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri menyatakan, perubahan seragam tersebut diharapkan menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

"Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," kata Awi di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, 14 September 2020.

Halaman
12
Editor: Dwi Sudarlan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved