Berita Nasional

Lowongan 189.000 Pegawai Pemda Seluruh Indonesia Segera Dibuka Kementerian PAN RB

Penerimaan 189.000 pegawai terdiri dari 70.000 Pegawai PPPK untuk jabatan fungsional selain guru dan 119.000 CPNS berbagai jabatan teknis

Editor: Anjar
.(ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.Lowongan 189.000 Pegawai Pemda Seluruh Indonesia Segera Dibuka Kementerian PAN RB 

TRIBUNKALTENG.COM - Pemerintah Indonesia akan membuka lowongan besar-besaran untuk abdi negara.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) saat ini telah menyiapkan penerimaan 189.000 pegawai untuk pemerintah daerah se-Indonesia pada 2021.

Hal itu disampaikan Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo dalam keterangan persnya sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (4/3/2021).

"Untuk mengisi kebutuhan jabatan lainnya di pemerintah daerah selain jabatan guru, pemerintah juga telah menentukan kebutuhan sekitar 189.000 pegawai," kata Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

Baca juga: Gelombang 13 Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Segera Daftar di prakerja.go.id, Waktunya Hanya 5 Hari

Baca juga: Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Wali Kota Palangkaraya Bentuk Tim Percepatan Keuangan Daerah

Tjahjo mengatakan penerimaan 189.000 pegawai terdiri dari 70.000 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) untuk jabatan fungsional selain guru dan 119.000 calon pegawai negeri sipil ( CPNS) untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan.

Jabatan itu, kata Tjahjo, termasuk tenaga kesehatan dan tenaga lapangan lainnya yang secara operasional menjalankan tugas-tugas spesifik untuk memenuhi target-target pembangunan.

Secara proporsional 70-80 persen CPNS yang direkrut merupakan tenaga-tenaga pelaksana utama di bidang pendidikan, penyuluh pertanian, penyuluh keluarga berencana (KB) atau pegawai yang langsung bertugas di lapangan.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (26/9/2019). Rapat tersebut membahas mengenai Evaluasi Pemilu & Persiapan Pelaksanaan Pilkada. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp
Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp (.(ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA))

"Jumlah tersebut merupakan kebutuhan untuk dua tahun, yakni tahun 2020 dan 2021, mengingat pada tahun 2020 pemerintah tidak melaksanakan rekrutmen," kata Tjahjo.

Sementara itu, terkait penerimaan ASN untuk mengisi kebutuhan di instansi pemerintah pusat, pemerintah telah menentukan kebutuhan sebesar sekitar 83.000 pegawai baik dari CPNS maupun PPPK.

Tjahjo mengatakan jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi untuk berbagai jabatan yang dibutuhkan.

"Kementerian PAN-RB bersama dengan Kemendikbud serta BKN menyusun rencana ini sejak Februari 2020. Kementerian Keuangan juga berkontribusi dalam memberikan komitmen dukungan untuk penyediaan anggaran," tutur Tjahjo.

Baca juga: Langka dan Mahalnya Elpiji 3 kg di Kapuas, Disdagperinkop Lakukan Ini

Baca juga: Inilah Harga dan Spesifikasi Ponsel Realme Narzo 30A, Resmi Diluncurkan di Indonesia

Baca juga: Istana Buckingham Usut Dugaan Bullying Meghan Markle Pada Staf Kerajaan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kementerian PAN-RB Siapkan Penerimaan 189.000 Pegawai Pemda di Seluruh Indonesia"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved