Breaking News:

Berita Kalsel

Akses Menuju Makam Datu Qabul di Desa Baulin Tapin Kalsel Berlumpur

akses jalan menuju Makam Datu Qabul yang terletak di ujung Desa Baulin, Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin memperihatinkan

Pembakal Margasari Hulu untuk BPost
Kondisi Akses Jalan Menuju Makam Datu Qabul, Kabupaten Tapin. 

Editor : Hari Widodo

TRIBUNKALTENG.COM, RANTAU - Dimusim penghujan seperti saat ini mengakibatkan akses jalan menuju Makam Datu Qabul yang terletak di ujung Desa Baulin, Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin memperihatinkan, Minggu, (03/01/2021).

Makam Datu Qabul atau Muhammad Mahmud Al Qabul merupakan salah satu destinasi wisata religi yang memiliki daya tarik tersendiri di Kabuputen Tapin. 

Namanya yang tersohor sebagai satu destinasi wisata religi tidak seimbang dengan akses jalan menuju tempat ini.

Wisatawan yang datang, salah satu jalan yang paling mudah menuju makam itu yakni Jalan Trans Kalimantan.

Baca juga: Jalan Rusak ke Pelabuhan Bahaur Ditangani Pemprov Kalteng, Ini Konstruksinya

Baca juga: Dikritik Jalan Rusak yang Ditanami Pohon Pisang, Begini Respons Wali Kota Palangkaraya

Di jalan ini kurang lebih 1 kilometer, masih tanah laterit, sehingga saat musim hujan seperti saat ini, jalan becek, berlumpur dan sulit dilewati.

Tidak hanya itu, di Kecamatan Candi Laras Utara (CLU), Kabupaten Tapin, ada jalan nasional yang hingga kini belum diaspal kurang lebih sepanjang 6 kilometer. 

Jalan ini penting karena menghubungkan Kabupaten Tapin ke Kabupaten Barito Kuala. Bahkan warga Hulu Sungai sering melewati jalan ini bila ingun ke Kapuas, Kalimantan Tengah.

Pembakal Margasari Hulu, Yuseriadisaat dihubungi Banjarmasinpost.co.id mengatakan hingga kini jalan ini tidak ada perubahan. 

"Kondisinya masih sama, saat musim penghujan akses jalan ini parah. Selain becek, berlumpur juga banyak berlubang," ungkapnya.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved