Breaking News:

Pilkada Kalteng 2020

IDM Kalteng Buruk, Ben-Ujang Punya Strategi untuk Bangun Desa

Pada debat publik kedua pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tahun 2020. Panelis menjelaskan jika data Indeks Desa Membangun (IDM)

Tribunkalteng.com / faturahman
Debat Publik Tahap II Pilgub Kalteng digelar oleh KPU Kalteng Kamis (19/11/2020) malam Paslon Nomor Urut 2 hanya dihadiri Cawagub H Edy Pratowo 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTEN.COM-Pada debat publik kedua pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tahun 2020. Panelis menjelaskan jika data Indeks Desa Membangun (IDM) di Kalteng masih cukup buruk.

Masih banyaknya desa tertinggal dan sangat tertinggal di Kalteng membuat panelis memberikan pertanyaan bagaimana strategi konkret dari paslon untuk membangun desa.

Pertanyaan dari panelis langsung dijawab lugas oleh pasangan calon nomor urut satu. Cawgub Ujang Iskandar memaparkan strategi pasangan Ben-Ujang bagaimana membangun desa-desa di Kalteng.

"Desa-desa di Kalteng bakal kita tangani secara khusus. Selain dana desa dari pusat, kita bakal support lewat APBD untuk pengembangan dan peningkatan desa-desa di Kalteng," ujar Ujang, Kamis ( 19/11/20).

Baca juga: Meski Tampil Sendiri Edy Pratowo Mampu Mengimbangi Paslon Gubernur Kalteng Ben-Ujang

Ujang juga mengatakan pentingnya sinegritas antara pemerintah kabupaten dan kota dengan pemerintah provinsi. Ke depan Pemprov harus turun tangan langsung membantu kabupaten dan kota untuk penanganan desa-desa.

"Desa-desa ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah kabupaten atau kota. Melainkan juga tanggung jawab Pemprov. Maka ke depan kita bakal bersinergi, apa yang Pemkab dan Pemkot butuhkan bakal kita bantu," ucap Ujang.

Sementara Ben Bahat menambahkan salah satu persoalan utama masih banyaknya desa-desa yang tertinggal karena insfastuktur yang buruk. Maka Ben Bahat mengatakan, insfrastuktur bakal digenjot demi membangun desa-desa di Kalteng.

"Persoalan desa tertinggal salah satunya adalah karena buruknya insfrastuktur. Maka ini yang harus kita benahi. Bagaimana akses dari kota menuju desa kita perbaiki supaya mengikis habis desa-desa tertinggal yang ada di Kalteng," ujar Ben Bahat. (Tribunkalteng.com / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved