Breaking News:

Berita Palangkaraya

Korban Banjir Lamandau Kalteng Diberi Bantuan Beras dan Pakaian Layak Pakai

Banjir yang terjadi di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah mendapat perhatian Polda Kalteng.

Foto Polres Lamandau
Petugas kepolisian Polres Lamandau saat memberikan bantuan beras bagi korban banjir setempat. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, LAMANDAU - Banjir yang terjadi di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah mendapat perhatian Polda Kalteng.

Warga serempat yang terdampak banjir diberikan bantuan beras dan pakaian layak pakai oleh institusi tersebut.

Masyarakat yang terdampak musibah banjir di Kabupaten Lamandau, tersebut, selama ini ketika musim penghujan yang mengakibatkan debit air meninggi selalu menjadi korban banjir. Apalagi, hutan kawasan lamandau banyak rusak akibat kegiatan landclearing pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit.

Meski kondisi banjir akibat luapan sungai di Lamandau tersebut, hingga, Minggu (13/9/2020) sudah mulai turun, karena air turun ke daerah hilir sungai, warga setempat tetap was-was banjir akan kembali terjadi, karena curah hujan cukup tinggi yang terjadi beberapa hari ini.

Sungai Katingan Kalteng Meluap, Banjir Rendam Rumah dan Fasilitas Umum

Banjir Rendam Jalan Seruyan Tengah, Ranmor Terpaksa Diseberangkan Pakai Rakit

"Debit air mulai turun tetapi jika hujan deras terus turun bisa tinggi lagi debit airnya," ujar Rafik warga Lamandau, Minggu (13/9/2020).

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo melalui Polres Kotawaringin Barat (Kobar) memberikan bantuan sembako dan pakaian layak pakai untuk warga tang terdampak banjir, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan Polda Kalteng, terhadap bencana yang dialami masyarakat Kabupaten Lamandau.

“Beras yang disalurkan sebanyak 200 sak juga dengan pakai bekas layak pakai untuk diberikan kepada warga Desa Karang Taba yang terdampak banjir melalui Kades serempat. Tentu, kami berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban korban banjir. Kami sendiri siap setiap saat untuk membantu pemerintah dalam memulihkan wilayah pasca bencana," ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan, Kapolres Lamandau AKBP Titis Bangun H.P bersama Dandim 1017 Lamandau Letkol Inf Hafest Isjafrin saat memantau daerah terdampak bencana banjir tersebut. dia menberikan bantuan sembako kepada warga setempat.

Informasi terhimpun menyebutkan, desa yang terdampak banjir, tepatnya Desa Jemuat, Desa Kina, Desa Karang Mas, Desa Mengkalang, Desa Liku, Desa Benakitan dan Desa Kinipan yang berlangsung sejak sepekan yang lalu.

Ketinggian air kali ini hingga menenggelamkan puluhan rumah warga.Luapan air juga menggenangi jalanraya dan beberapa akses alan antar desa. (tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved