Breaking News:

Berita Palangkaraya

Gubernur Kalteng Terbitkan Pergub tentang Protokol Kesehatan dan Sanksi Bagi Pelanggar

Mencegah penyebaran Covid-19, Gubernur Kalteng terbitkan pergub berisi kewajiban masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan sanksi bagi yang melanggar

TRIBUN KALTENG.COM/FATURAHMAN
H Sugianto Sabran, Gubernur Kalteng yang juga Ketua GTPP Covid-19. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA -  Gubernur Kalimantan Tengah ( Kalteng ), Sugianto Sabran, menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 43 Tahun 2020.

Isinya, terutama menyangkut penerapan protokol kesehatan dan sanksi bagi yang melanggar, semuanya bertujuan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Kalteng.

Setelah itu, Pergub Kalteng akan jadi acuan bagi masing-masing kepala daerah se-Kalteng untuk membuat peraturan berupa Peraturan Bupati (Perbup) dan Peraturan Wali Kota (Perwali).

"Pergub juga mengatur sanksi tegas yang dikenakan bagi pelanggaran protokol kesehatan," ujar Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran.

Ditsamapta Polda Kalteng Gencar Razia ke THM Demi Mencegah Penyebaran Covid-19

Kapolda Kalteng Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Dayak

Jumlah Penumpang Pesawat di Kalteng Meningkat, Biaya Rapid Test Terjangkau

BNNP Kalteng Bongkar Jaringan 500 Gram Sabu dari Madura-Surabaya

Sanksi-sanksi yang diberikan, antara lain denda administrasi berupa uang, kerja sosial, teguran tertulis, pencabutan izin jabatan/operasional, penutupan atau penyegelan tempat, dan penjatuhan hukuman disiplin bagi PNS. Khusus untuk denda administrasi akan masuk ke kas daerah.

Di dalam Pergub Kalteng 43 Tahun 2020 ini ada 3 pihak atau subjek yang jadi sasaran.

Pertama, perorangan, melakukan 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan). Kedua, pelaku usaha, menyiapkan sarana dan prasarana 4M bagi karyawan dan pengunjung yang datang. Ketiga, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum, yakni menyiapkan sarana dan prasarana 4M bagi karyawan dan pengunjung yang datang.

Peraturan ini juga mengatur mengenai berbagai kewajiban serta aturan protokol kesehatan yang harus dipatuhi di tempat dan fasilitas umum.

Kemudian, diatur juga penerapan protokol kesehatan dalam hal melakukan olahraga, secara perorangan atau dengan keluarga, baik di rumah maupun di tempat umum.

(Tribun Kalteng/Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved