Breaking News:

Berita Kotim

Biaya Rapid Test Terjangkau Berimbas Meningkatnya Penumpang di Pelabuhan Sampit

dalam sebulan ini, beberapa kali pemberangkatan kapal laut, penumpang yang datang dari Pulau Jawa dan penumpang Sampit ke Jawa sudah cukup banyak.

Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Penumpang naik kapal laut di Pelabuhan Sampit. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Kebijakan penurunan harga rapid test yang telah ditetapkan pemerintah termasuk perpanjangan masa penggunaanya hingga 14 hari atau selama dua minggu membuat warga makin ramai bepergian ke Pulau Jawa menggunakan kapal laut di Pelabuhan Sampit.

Beberapa penumpang kapal yang berangkat ke Pulau Jawa dari Pelabuhan Sampit, mengaku diringankan biaya bepergian dengan kebijakan penurunan harga rapid test dan masa penggunaanya selama dua minggu tersebut.

"Paling tidak dengan harga rapid test yang hanya sekitar seratus ribuan dan masa pakai surat keterangan (Suket) Bebas Covid -19 yang berlaku hingga 14 hari cukup meringankan kami sebagai penumpang, beban kami tidak terlalu berat bepergian dari Sampit ke Surabaya," ujar Adi Wiyanto, salah satu penumpang kapal di Sampit, Rabu (5/8/2020).

Tim Ayo Kibarkan Bendera Merah Putih PKS Kalteng Bagikan Bendera ke Sekolah-sekolah

Dubes Belanda Sampaikan Ini kepada Keluarga Korban Kecelakaan Sebangau Palangkaraya

Pantauan di Sampit, dalam sebulan ini, beberapa kali pemberangkatan kapal laut, penumpang yang datang dari Pulau Jawa dan penumpang Sampit ke Jawa sudah cukup banyak.

Hal ini juga didukung, pernyataan kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Tengah, Yomin Tofri, yang membenarkan terjadi kenaikkan penumpang kapal laut dan kunjungan kapal laut di Kalimantan Tengah berdasarkan pantauan data yang mereka miliki.

"Frekuensi kunjungan kapal laut di pelabuhan wilayah  Kalimantan Tengah naik 0,17 persen, dari 601 kunjungan pada Bulan Mei 2020 menjadi 602 kunjungan pada Bulan Juni 2020 lalu. Bukan hanya itu, jumlah penumpang melalui transportasi laut naik 747,7 persen, dari 1.333 orang Pada Bulan Mei 2020 menjadi 11.301 orang pada Bulan Juni 2020 lalu," ujarnya.

tribunkalteng.com / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved