Breaking News:

Berita Kalteng

Polda Kalteng Gelar Lomba Lewu Isen Mulang Budayakan Kearifan Lokal, Ini Jadwalnya

Kepolisian Derah (Polda) Kalimantan Tengah berupaya untuk membudayakan potensi kebersamaan

Penulis: Fathurahman | Editor: edi_nugroho
POLDA KALTENG UNTUK BPOST GROUP
Polda Kalteng menggelar lomba Lewu Isen Mulang (Desa Pantang Mundur) yang mengangkat kearifan masyarakat, memeriahkan Hari Bhayangkara ke-74. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kepolisian Derah (Polda) Kalimantan Tengah berupaya untuk membudayakan potensi kebersamaan yang ada di Bumi Tambun Bungai dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-74.

Karena itu, polda menggelar lomba Lewu Isen Mulang (Desa Pantang Mundur) yang mengangkat kearifan lokal masyarakat setempat.

Polres Kapuas Kalteng Gelar Tactical Floor Game, Inilah Tujuannya

Lomba tersebut, sebagai upaya mendorong masyarakat desa untuk tetap bekerja sama dalam berbagai hal. Seperti, memadamkan api saat musim kemarau, desa lumbung untuk menanam padi untuk ketahanan pangan dan upaya masyarakat desa dalam memerangi virus corona atau Covid-19.

Kapolda Kalteng, Irjen Dedi Prasetyo, melalui Kabidhumas, Kombes Hendra Rochmawan, Selasa (2/6/2020), mengungkapkan, lomba yang diadakan tersebut meliputi tiga kategori.

Dishub Kapuas Cek Tujuh Kapal Feri Penyeberangan, PSBB di Kabupaten Kapuas Dimuai 4 Juni 2020 Ini

Masing-masing, lewu milang/pelep apui (desa lawan api/karhutla), lewu losok parei (desa lumbung pangan ketahanan pangan), lewu tolak peres corona (desa melawan corona).

Pelaksanaan lomba digelar secara berjenjang dari tingkat kabupaten dan kota, hingga puncaknya lomba tingkat provinsi.

"Untuk lomba tingkat kabupaten atau kota dilaksanakan tanggal 16 - 17 Juni 2020 dan untuk tingkat Provinsi dilaksanakan pada tanggal 28 - 29 juni 2020," ujar mantan Kapolres Palangkaraya ini.

Pernah Tak Akui, Ternyata Nikita Mirzani Pernah Punya Hubungan dengan Vicky Nitinegoro

Hendra Rochmawan yang juga mantan Kepala SPN Tjilik Riwut Kalteng, menambahkan, lomba tersebut merupakan gagasan langsung dari Kapolda.

Tujuan Kapolda, mengembangkan kearifan lokal yang ada di Kalimantan Tengah dan membangkitkan nilai-nilai kegotong-royongan masyarakat Kalteng.

Balikan dengan Billy Syahputra Banyak Didukung, Elvia Cerolline: Udah Gak Ada Kecocokan!

Sehingga, kehidupan masyarakat Kalteng dihidupkan pola kerja sama dan gotong-royong dalam upaya menjaga dan memadamkan kebakaran lahan, menjaga ketahanan pangan hingga bekerjasama dan bergotong royong dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kalteng.(Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved