Breaking News:

Berita Palangkaraya

Pemeriksaan Rapid Test di Kalteng Digencarkan Memutus Penyebaran Corona, Inilah Sasarannya

Salah satu cara memutus penyebaran Virus Corona dengan melakukan pemeriksaan massal warga

Penulis: Fathurahman | Editor: edi_nugroho
BANJARMASINPOSTGROUP/FATURAHMAN
RAPID TEST-Petugas Tim Gugus Tugas Covid-19 Kotim saat melakukan pemeriksaan Rapid tes massal kepada pedagang Pasar PPM Sampit, belum lama tadi. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Salah satu cara memutus penyebaran Virus Corona dengan melakukan pemeriksaan massal warga menggunakan alat rapid test sehingga bisa terdeteksi warga yang terjangkit Covid-19 di Kalimantan Tengah.

Pemeriksaan menggunakan rapid tes untuk pemeriksaan secara massal sudah dilakukan oleh tim gugus Kota Palangkaraya, yang memeriksa pedagang pasar tradisional juga Tim Gugus Pemkab Kotim yang memeriksa pedagang Pusat Perbelanjaan Mentaya juga pasar subuh.

Pembahasan Pencetakan Lahan Pertanian Baru Kawasan Eks PLG Kalteng Dimantapkan

Pemprov Kalteng terus melakukan upaya dalam membantu warga dan penanganan covid-19 di Kalteng, yang hingga, Selasa (2/6/2020) terus melakukan upaya rapid tes maupun membagikan masker ke warga agar tidak tertular Virus Corona yang saat ini mewabah di Kalteng.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, belum lama ini, sudah berkonsultasi dengan aparat penegak humum (APH), dalam penggunaan anggaran APBD setempat, untuk membeli alat pemeriksaan cepat atau rapid tes untuk warga masyarakat di Bumi Tambun Bungai.

Kapolda Kalteng Serahkan 200 Stel APD Kepada Tim Medis RS TNI-Polri, Inilah Harapannya

Pelaksananya akan dilakukan berkesinambungan dengan sudah adanya alat pemeriksaan sampel swab PCR yang sudah dibeli oleh Pemprov Kalteng dan sudah dioperasikan di RS Doris Sylvanus Palangkaraya, sehingga anggaran tersebut selain membantu warga dalam bantuan sosial juga membeli peralatan dan penanganan tim gugus tugas.

“Anggaran APBD Provinsi yang ada sebagian sudah dialokasikan untuk membeli alat PCR, sehingga hasil tes sampel swab tidak lama, tidak sampai satu minggu seperti yang lalu, karena pemeriksaanya dari luar Kalteng. Saat ini pemeriksaan swab hasilnya cepat diketahui, hanya 5 jam serta bisa melakukan tes untuk banyak orang," ujar Ketua TGPP Kalteng, Sugianto Sabran.

Polda Kalteng Gelar Lomba Lewu Isen Mulang Budayakan Kearifan Lokal, Ini Jadwalnya

Sementara itu, rilis penyebaran Covid-19 di Kalteng, hingga, Selasa (2/6/2020) pagi, tercatat dari TGPP Kalteng, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 9 orang jumlah total 417 orang, perawatan covid-19 berkurang 4 orang sehingga total mencapai 215 orang, pasien sembuh bertambah 13 orang, total sembuh 182 orang.

Pasian yang meninggal dunia tetap 20 orang, PDP bertambah 33 orang jumlah total 186 orang, PDP berkurang 1 orang sehingga total 55 orang sedangkan total tes RT -PCR mencapai 1.647 orang dengan perincian positif 417 orang, negatif 611 dan dalam pemeriksaan mencapai 619 orang. (banjarmasinpost.co.id / Faturahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved