Breaking News:

Berita Kalsel

Haji Tahun 2020 Tak Dilaksanakan, di Kalsel 3.818 Calon Jamaah Batal Berangkat

Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) resmi mengumumkan pembatalan pelaksanaan haji 2020

Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, H Noor Fahmi. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pelaksanaan haji untuk calon jamaah haji Indonesia Tahun 2020 ini tidak dilaksanakan.

Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) resmi mengumumkan pembatalan pelaksanaan haji 2020, Selasa (2/6/2020).

Artinya, seluruh calon jamaah haji Indonesia termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel) batal berhaji ke Tanah Suci tahun ini.

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kalsel H Noor Fahmi, calon jamaah haji tahun 2020 yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) namun batal berangkat otomatis dialihkan menjadi calon jamaah haji tahun 2021.

Jokowi Telepon Raja Arab Saudi Soal Ibadah Haji Tahun 2020, Bagini Jawabannya

Menag Teken MoU dengan Menteri Haji Arab Saudi, Ini Kebijakan Haji Indonesia 2020

Dari konferensi pers yang digelar Kemenag RI di Jakarta, menurut Noor Fahmi Bipih yang sudah dilunasi calon jamaah haji akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Nilai manfaat dari pengelolaan dana Bipih tersebut nantinya akan disalurkan kepada masing-masing calon jamaah yang sudah melunasi paling lambat tiga puluh hari sebelum pemberangkatan kloter pertama jamaah haji Tahun 2021.

"Tapi setoran pelunasan Bipih juga dapat diminta kembali oleh calon jamaah haji," kata Noor Fahmi, Selasa (2/6/2020).

Dengan keputusan pemerintah tersebut, Noor Fahmi meminta calon jamaah haji Kalsel yang batal berangkat tahun ini untuk bisa bersabar, memahami dan lapang dada menerima kebijakan pemerintah tersebut.

Pasalnya menurutnya, keputusan tersebut diambil pemerintah karena ingin mengutamakan keselamatan jamaah di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang belum usai hingga saat ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved