PSBB Kabupaten Kapuas

SAH! PSBB Kabupaten Kapuas Disetujui Menteri Kesehatan

Menkes setujui PSBB diterapkan di Kabupaten Kapuas atas dasar kasus Covid-19 yang cukup tinggi.

ISTIMEWA
Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kapuas, Kalteng, Panahatan Sinaga. 

Editor: Alpri Widianjono

TRIBUN KALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), bersiap menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sebabnya, persetujuan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, dr Terawan Agus Putranto, telah turun.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kapuas, Panahatan Sinaga, ketika dikonfirmasi, membenarkan bahwa usulan PSBB di Kabupaten Kapuas telah disetujui.

Dikatakan, Keputusan Menkes tersebut telah ditetapkan pada 28 Mei 2020, melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/Menkes/339/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah Kabupaten Kapuas.

"Iya, disetujui, kami akan rapatkan ini untuk tindaklanjut nya," kata Sinaga melalui Grup Media Center Covid-19 Kapuas, Kamis (28/5/2020) malam.

Kapuas Ajukan PSBB ke Kemenkes, Alasannya Ini

Rapid Test Massal Digelar Pemkab Kapuas, Hasilnya Begini

Sempat Ditutup, RSUD Kapuas Kembali Buka IGD untuk Umum

IGD RSUD Kapuas Hanya Berikan Pelayanan ini Setelah Dua Dokternya Positif Covid-19

Bahas Penanganan Jenazah Covid-19, KUA Pulau Petak Kapuas Kumpulkan Penyuluh

Adapun dalam surat keputusan Menkes perihal disetujuinya PSBB di Kabupaten Kapuas atas dasar pertimbangan bahwa dari data yang ada menunjukkan telah terjadi peningkatan Covid-19 yang signifikan dan cepat serta diiringi dengan kejadian transmisi lokal di wilayah Kabupaten Kapuas.

Kemudian bahwa berdasarkan hasil kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial,
ekonomi, serta aspek lainnya, perlu dilaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar guna menekan penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang PSBB di wilayah Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Selanjutnya, dalam surat itu memutuskan menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Diketahui, data terbaru, per Kamis (28/5/2020) pukul 17.00 WIB, sudah 72 orang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Kapuas.

Di antaranya 52 orang dalam perawatan, sembilan orang dinyatakan sembuh dan 11 orang meninggal dunia. Kabupaten Kapuas urusan kedua terbanyak kasus positif di Kalteng, setelah Kota Palangkaraya.

(Tribun Kalteng/Fadly Setia Rahman)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Alpri Widianjono
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved