Berita Kotawaringin Barat

Dua Orangutan Tersesat di Kebun di Kotawaringan Barat Kalteng, Warga Merasa Waswas &Takut; Diserang

Warga Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, dikejutkan dengan masuknya dua orangutan berkelamin jantan ke kebun warga dalam sepekan ini

Dua Orangutan Tersesat di Kebun di Kotawaringan Barat Kalteng, Warga Merasa Waswas &Takut; Diserang
BKSDA
Orangutan diselamatkan Petugas saat tersesat di kebun warga Pangkalanbun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, PANGKALANBUN - Warga Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, dikejutkan dengan masuknya dua orangutan berkelamin jantan ke kebun warga dalam sepekan ini, sehingga membuat was-was penduduk, karena tubuh orangutan cukup besar khawatir menyerang warga.

Informasi terhimpun mrnyebutkan, orangutan yang masuk ke kebun warga tersebut, sejak akhir tahun 2019 lalu, sehingga,Jumat (3/1/2019) petugas BKSDA Kalimantan Tengah bersama Orangutan Foundation International (OFI) melakukan penyelamatan terhadap dua individu orangutan jantan di 2 lokasi berbeda.

Kepala BKSDA Wilayah Pangkalanbun SKW II, Dendi, Minggu (5/1/2020) mengatakan,
keberadaan orangutan pertama dilaporkan oleh Nurani, warga Desa Tanjung Putri, Kecamatan, Arut Selatan yang mendapati orangutan sedang berada di kebun miliknya."Beliau takut diserang sehingga melapor," ujarnya.

Setelah mendapatkan laporan tersebut pukul 09.00 WIB, Tim Wildlife Rescue Unit SKW II-BKSDA Kalteng bersama OFI menuju lokasi dan melakukan penyelamatan, terhadap orangutan yang diperkirakan berusia 40 tahun yang tersesat dari habitatnya, tersebut.

FOTO Suasana Dramatis Banjir di Cempaka Banjarbaru, Puluhan Warga Diungsikan, Luasan Mencapai 20 RT

BREAKING NEWS - Warga Cempaka Cemas Akibat Sungai di Banjarbaru Meluap, BPBD Lakukan Ini

Pemuda Desa Bingung, Kembang Desa Incaran Mereka Lenyap dari Peredaran, Ternyata Disekap Sosok Ini

Kemudian di lokasi kedua, orangutan jantan tersesat juga diselamatkan, dari Jalan arah Pangkalanbun-Kotawaringin Lama Kilimeter 16, Kelurahan Mendawai Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Keberadaan orangutan tersebut dilaporkan oleh Jamri , warga setempat yang telah melakukan pemantauan tentang keberadaan orangutan jantan di kebunnya sejak 31 Desember 2019, sehingga juga melaporkan ke BKSDA, karena takut menyerang warga.

"Pukul 16.00 WIB, Tim WRU SKW II BKSDA Kalteng bersama OFI berhasil menyelamatkan orangutan jantan berusia 25 tahun dengan berat 92,5 Kg tersebut. Selanjutnya kedua orangutan jantan tersebut di bawa ke Orangutan Care Centre Quarantine (OCCQ) Pasir panjang untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengambil tindakan lebih lanjut," ujarnya.

Orangutan diselamatkan Petugas saat tersesat di kebun warga Pangkalanbun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng.
Orangutan diselamatkan Petugas saat tersesat di kebun warga Pangkalanbun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng. (BKSDA)

Kedua orangutan yang diselamatkan tersebut, kemudian diperiksa kesehatannya oleh tim, setelah dinyatakan sehat dan layak dilepas, pada tanggal 4 Januari 2020, orangutan jantan yang diselamatkan dari Jalan Pangkalanbun-Kotawaringin Lama, di lepas di Lokasi Anak Sungai Muara Ali yang berbatasan dengan Taman Nasional Tanjung Puting.

Namun, orangutan hasil penyelamatan, di Desa Tanjung Putri , hingga kini, belum dilakukan translokasi, menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut dan mempertimbangkan kondisi dimana jantan tersebut."Orangutan yang satu ini, tidak memiliki gigi taring dan usia sudah tua yang dikhawatirkan akan kalah bila bertemu jantan liar lainnya di alam," ujarnya.

(tribunkalteng.com/ faturahman)

Berita Populer
Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved