Kisah Inspiratif

Kisah Pengantar Ayam yang Kini Jadi Juragan Muda Beromset Ratusan Juta, Lebarkan Bisnis ke Jakarta

Untuk menjadi orang yang sukses, harus ada ujian yang dijalani. Selain sabar dan tawakkal, mental berani takut jatuh dan bangun adalah syarat utama.

Kisah Pengantar Ayam yang Kini Jadi Juragan Muda Beromset Ratusan Juta, Lebarkan Bisnis ke Jakarta
ISTIMEWA
Syam (kanan) dan temannya. 

TRIBUNKALTENG.COM, LUBUKLINGGAU - Untuk menjadi orang yang sukses, harus ada ujian yang dijalani. Selain sabar dan tawakkal, mental berani takut jatuh dan bangun adalah syarat utama.

Kali ini, Tribunkalteng.com menyajikan sosok seorang pengusaha ayam yang sukses. Namun di balik keberhasilannya, ada kisah lika liku perjalanan hidup yang telah dilaluinya.

Adalah Syamsul Bahrun (41 tahun) warga jl Mangga Besar RT 03, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau tak menyangka jika perjalanan hidupnya akan seperti saat ini.

Laki-laki yang akrab dengan panggilan Syam ini terkenal sebagai tauke ayam khususnya ayam parent atau kingkong di Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Selain suplier ia juga membudidayakan ayam mencapai 300 ribu ekor. Sebanyak 200 ribu ekor di peliharanya di Kabupaten Musi Rawas dan 100 ribu ekor di Kota Lubuklinggau.

Dari Pemulung Kini Jadi Pengusaha, Paidi Berangkatkan Umroh Orang Sekampung

Bebby Fey Mengaku Ketagihan Ditiduri Genderuwo, Mbak You Negur: Nafsu & Pikiranmu Tak Stabil

Aktivitas Kapal Laut di Kalteng Meningkat, Pendangkalan Sungai Mentaya Jadi Kendala

Syam bercerita sebelum sesukses sekarang ia bukanlah siapa-siapa, kala itu hidupnya sangat perih dalam mencari uang.

Perjalanan bisnisnya dimulai pada tahun 1999 saat ia memutuskan untuk berjualan ayam di pasar. Tapi, jalan usahanya tak mulus karena bertepatan dengan krisis moneter.

Karena tak ada perubahan Syam memilih bekerja dengan H Pendi sebagai pengantar ayam. Setelah cukup lama bekerja jalan terang Syam mulai terbuka.

"Dari pengantar ayam itu dapat jaringan pengusaha ayam, akhirnya memberanikan diri untuk buka usaha ayam sendiri," kata Syam pada Tribunsumsel.com, Rabu (9/10/2019).

Sejak saat itu usahanya berkembang pesat. Berkat usaha yang dirintisnya saat ini Syam telah mempekerjakan 300 orang karyawan, mulai dari mengurusi transportasi hingga pemberi pakan ternak.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved