Kabar Kalsel

Ada Sumur Berusia 600 Tahun di Kawasan Makam Sultan Suriansyah Banjarmasin, Diziarahi karena Ini

Dan selain berisi makam, di dalam kompleks pemakaman ini, ternyata ada sebuah sumur yang berusia sangatlah tua.

banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Tempat yang digunakan pengunjung makam untuk mandi dan disediakan oleh Badan Pengelola Pemelihara Kompleks Makam Sultan Suriansyah. 

TRIBUNKALTENG.COM - Kompleks pemakaman Sultan Suriansyah yang terletak di Jalan Kuin Utara, merupakan salah satu destinasi wisata religi yang ada di Banjarmasin.

Sesuai namanya, kompleks pemakaman ini berisi lebih dari 20 makam. Termasuk salah satunya adalah makam Raja Banjar pertama yang memeluk islam yakni Sultan Suriansyah.

Dan selain berisi makam, di dalam kompleks pemakaman ini, ternyata ada sebuah sumur yang berusia sangatlah tua. Dan terletak pun di antara makam-makam yang ada disana.

Malah sumur ini diperkirakan sudah ada sejak zaman Patih Masih, atau sebelum Sultan Suriansyah dan sekarang usianya diperkirakan lebih dari 600 tahun.

Sungguh Arsi Masjid Sultan Suriansyah Ini

Info CPNS 2019: Ada Formasi yang Ditiadakan, Beda dengan PPPK, Simak Link Informasi Jabatan di SINI

Iuran Disepakati Naik, Berapa Kenaikan Premi BPJS Kesehatan? Menteri Kesehatan Bilang Begini

"Sumur ini usianya lebih dari 600 tahun. Dan sudah ada sejak Patih Masih, juga sampai masa Sultan disini," kata Ketua Badan Pengelola Pemeliharaan Kompleks Makam Sultan Suriansyah, H Ahmad.

Sumur ini sendiri berukuran tidak terlalu besar, dan pada bagian atasnya dibuat kayu ulin yang berfungsi sebagai pintu sumur.

c
Sumur tua yang ada di kompleks pemakaman Sultan Suriansyah. (banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

Dipakai Mandi Penuhi Nazar

Sumur tua yang ada di kompleks pemakaman Sultan Suriansyah di Jalan Kuin Utara Banjarmasin ternyata keberadaannya cukup diketahui peziarah yang datang.

Malah usai berziarah, tak jarang pengunjung mampir ke area sumur tua yang dijaga oleh seorang yang biasanya bertugas menjaga sumur ini.

Dan yang menariknya, kadang ada saja peziarah yang mandi dan meminta air dari dalam sumur tua ini, meskipun airnya berwarna agak keruh.

Halaman
12
Penulis: Frans
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved