Diiklankan Artis Ternama dan Populer di Instagram, Lipstik Ini Ternyata Bisa Picu Kanker

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali menemukan produk kosmetik, yaitu lipstik dengan kandungan berbahaya yang disebut bisa menyebabkan kanke

Diiklankan Artis Ternama dan Populer di Instagram, Lipstik Ini Ternyata Bisa Picu Kanker
pixabay.com/dids
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM - Populer dan iklannya dibintangi artis ternama, ternyata lipstik yang satu ini memiliki kandungan berbahaya.

Beberapa waktu lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali menemukan produk kosmetik, yaitu lipstik dengan kandungan berbahaya yang disebut bisa menyebabkan kanker.

BPOM menemukan lipstik dengan kandungan bahan pewarna Merah K3 dalam produk lipstik lokal QL Cosmetic yang cukup populer dengan bintang iklannya seorang artis ternama.

Via Vallen Diperiksa Polda Jatim Terkait Kasus Kosmetik Ilegal, Ditanya Seputar Hal Ini

BREAKINGNEWS - Penculik Anak SD di Tanahbumbu Dibekuk di Kebun Karet

Padahal bahan Merah K3 yang digunakan bukan pewarna yang aman bagi kesehatan.

Dilansir dari Mayo Clinic, bahan tersebut bisa bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker), teratogenik (memicu kelainan pada janin), dan iritasi kulit.

Badan POM menjelaskan, bahwa setelah melakukan kontrol pasar, mereka menemukan bahwa QL Cosmetik ada kandungan berbahaya pada lipstiknya. Bahan pewarna yang digunakan tidak semestinya ada di kandungan kosmetik.

"Kita melakukan post market control dengan cara sampling yang kemudian diuji di laboratorium kami. Ketemu mengandung merah K3, di mana merah K3 itu adalah pewarna tekstil," jelas Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Mayagustina Andarini.

K3 adalah bahan pewarna yang mengeluarkan warna merah.

Bahan yang biasa digunakan sebagai pewarna tekstil itu sering kali ditambahkan ke dalam kosmetik seperti eyeshadow hingga blush on, untuk mendapatkan warna makeup yang lebih bold.

BPOM telah mengungkapkan bahwa bahan Merah K3 tidak memenuhi syarat dalam pembuatan kosmetik, sekecil apa pun volume dan kadarnya.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved