Breaking News:

Warga Desa Ini Panik Selamatkan Diri dari Banjir Bandang Setelah Bendungan Jebol

bendungan itu pun jebol dan limpahan air serta material tanah menerjang pemukiman warga yang berada di bawah bendungan dengan jarak sekitar 100 meter.

Istimewa
Banjir bandang akibat jebolnya tembok bendungan di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

TRIBUNKALTENG.COM, PAMIJAHAN - Tembok penyangga bendungan pembangkit listrik tenaga mikro (PLTM) mengakibatkan bencana banjir bandang di Kampung Muara rt 3/2 Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Sabtu (10/6/2017).

Menurut Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Prasetyo, naiknya tinggi muka air di waterway PLTM menjadi 70 cm membuat tanah penyangga bendungan PLTM tak kuat menahan debit air.

Walhasil, bendungan itu pun jebol dan limpahan air serta material tanah menerjang pemukiman warga yang berada di bawah bendungan dengan jarak sekitar 100 meter.

"Ketika itu sedang hujan dan listrik dalam keadaan mati," ujar Budi kepada wartawan, Sabtu (10/6/2017).

Akibat dari insiden itu, lanjut Budi, sebanyak 11 rumah mengalami kerusakan.

"Tidak ada korban jiwa, hanya saja satu rumah rusak berat, dan 10 lainnya rusak sedang akibat insiden tersebut," jelasnya.

Budi menambahkan bahwa, beberapa warga yang terkena dampak dari banjir bandang itu untuk sementara mengungsi di SD Muara 3 dan ke rumah kerabat.

"Saat ini korban membutuhkan logistik tanggap darurat dan pakaian, sudah dikoordinasikan dengan aparat setempat," pungkasnya.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved