Kabar Palangkaraya

Komisi V DPR RI Kunjungi Jalan Nasional di Bukit Rawi, Sudah Siapkan Dana Rp300 Miliar

Ruas jalan nasional di Desa Bukitrawi, Kabupaten Pulangpisau, Kalimantan Tengah dikunjungi Komisi V DPR-RI

Komisi V DPR RI Kunjungi Jalan Nasional di Bukit Rawi, Sudah Siapkan Dana Rp300 Miliar
tribunkalteng.com/faturahman
Komisi V DPR RI saat melalukan pemantauan jalan nasional di Desa Bukit Rawi 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Banjir yang selalu terjadi disaat penghujan di ruas jalan nasional di Desa Bukitrawi, Kabupaten Pulangpisau, Kalimantan Tengah dikunjungi Komisi V DPR-RI  untuk memantau secara langsung kondisi jalan, Jumat (7/9/2018).

Kepala Dinas PUPR Kalimantan Tengah, Salahuddin serta Timbul Manahan Pasaribu, Kepala BBPJN XI Banjarmasin (Kalbar – Kalteng- Kalsel) mendampingi rombongan komisi V DPR-RI yang datang memantau jalan kondisi jalan di titik terparah rawan banjar sejauh tiga kilometer.

Dalam kesempatan itu, Timbul Manahan Pasaribu, Kepala BBPJN XI Banjarmasin (Kalbar – Kalteng- Kalsel) mengatakan, ada tiga alternatif dalam penanganan jalan tersebut yakni, menggunakan pola timbunan ringan mortar-busa dan geotekstile serta cerucuk.

Baca: FPI Bekuk Penghina Ustadz Abdul Somad (UAS) di Facebook, Dia Terancam Diusir dari Riau

Baca: Polres Kapuas Bekuk Lima Pelaku Pembalakan, Amankan 300 Kayu Log dan 186 Keping Kayu Hutan

Selain itu, ada juga tipe timbunan pilihan, geotekstile dan cerucuk dan yang terakhir adalah Pile Slab yang selama ini dipakai untuk pembangunan jalan rawan banjir di Tumbang Nusa Pulang Pisau penghubung jalan Palangkaraya- Banjarmasin.

"Tiga alternatif itu yang masih kami kaji untuk pembangunan Jalan Bukit Rawi yang menghubungkan Palangkaraya dan kabupaten lainnya di DAS Barito.Tentu, Kami akan mencari yang tepat dan hemat untuk pembangunanya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Rombongan Komisi V DPR RI, Anton Surato, mengatakan, pihaknya masih menunggu pengkajian yang dilakukan oleh tim teknis pembangunan jalan itu. Namun, dana memang sudah siap hingga mencapai Rp300 miliar untuk pembangunan jalan sejauh 3,1 km ," ujarnya.

Baca: Bripda PND Lulus SNMPTN di IPB Tapi Tak Diambil, Mantan Ajudan Veronica Tan yang Dilamar Ahok

Sementara itu, Kepala PUPR Kalteng Salahuddin, mengatakan, pengajuan dana untuk pembangunan jalan sudah masuk ke komisi terkait di DPR-RI.

" Yang diperlukan mencapai Rp300-400 miliar untuk penanganan sejauh 3,1 kilometer, kami berharap pembangunan jalan dengan pile slab atau jalan layang,"ujarnya.(tribunkalteng.com/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved