Kepribadian

Menurut Hasil Studi, Tanda Orang yang Bisa Dipercaya Bisa Diketahui dari Ini

Orang-orang dengan tingkat guilt-proneness yang tinggi cenderung memiliki rasa tanggung jawab interpersonal yang lebih besar saat dipercayai

Menurut Hasil Studi, Tanda Orang yang Bisa Dipercaya Bisa Diketahui dari Ini
ISTIMEWA
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM - Sulit mengenali mana orang yang bisa dipercaya dan mana yang tidak. Menjawab teka-teki itu, menurut para ahli, yang terpenting adalah seseorang memiliki antisipasi rasa bersalah.

Dalam studi terbaru yang terbit di Journal of Personality and Social Psychology, edisi 12 Juli 2018, kecenderungan seseorang untuk mengantisipasi rasa bersalah atau yang dijuluki guilt-proneness merupakan faktor terkuat untuk menilai apakah seseorang dapat dipercaya atau tidak.

Sifat antisipasi rasa bersalah bahkan disebut lebih unggul dari sifat kepribadian lain, termasuk extraversion, keterbukaan, keramahan, neurotisme, dan hati nurani.

Guilt-proneness berbeda dengan rasa bersalah. Rasa bersalah umumnya memunculkan sikap reparatif atau memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan.

Baca: Timnas U-16 Indonesia vs Kamboja di Piala AFF U-16 2018, Ini Jadwal Siaran Langsung (Live) Indosiar

Baca: Bakal Krisis Keuangan di Bulan Agustus, 3 Zodiak Ini Harus Lakukan Penyeimbangan Anggaran

Baca: Kirim Pesan WhatsApp Bakal Dikenakan Tarif Mirip Seperti SMS, Segini Kisaran Harganya

Sementara guilt-proneness merupakan antisipasi dari rasa bersalah atau kesalahan. Dengan begitu, seseorang dapat mengantisipasi untuk tidak melakukan kesalahan.

Orang-orang dengan tingkat guilt-proneness yang tinggi cenderung memiliki rasa tanggung jawab interpersonal yang lebih besar saat dipercayai melakukan sesuatu dan tidak menyepelekan kepercayaan.

"Kepercayaan dan sifat dapat dipercaya adalah sesuatu yang sangat penting untuk menciptakan hubungan ataupun organisasi yang efektif," uajr para ahli yang terlibat dala penelitian ini dilansir Science Alert, Sabtu (4/8/2018).

Studi ini tidak membahas apa yang membuat orang saling percaya. Namun, studi ini fokus mencari tahu orang seperti apa yang layak dipercaya.

"Jika Anda ingin punya karyawan atau seseorang yang pantas dipercaya, pastikan dulu mereka punya rasa tanggung jawab atas perilaku mereka," kata salah satu peneliti, Levine.

Penulis: Gloria Setyvani Putri
Sumber: Science Alert

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://sains.kompas.com/ dengan Judul: Ini Tanda Orang yang Bisa Dipercaya, Menurut Sains

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help