Bisnis dan Ekonomi

Pasar Modern BSD City Akan Diadopsi di Kalteng

Pemerintah sendiri menargetkan revitalisasi 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia hingga tahun 2019 mendatang.

Pasar Modern BSD City Akan Diadopsi di Kalteng
Istimewa
Suistanability Development Sinar Mas Land Ilham Wahyudi, dalam paparannya menyampaikan konsep “SOP Pengeloaan Pasar Rakyat”.di Palangkaraya, Selasa (10/7/2018). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan pasar tradisional, Kementerian Perdagangan berencana melakukan pengembangan pasar tradisional modern di sejumlah wilayah tanah air.

Dalam acara Forum Group Discussion SNI Pasar dan SOP (Standar Operasional Prosedur) Pengelolaan Pasar, Selasa (10/7/2018), konsep pasar yang mulai dikembangkan di Tangerang itu sendiri dicanangkan agar diadopsi di Kota Palangkaraya.

Menggandeng Sinar Mas Land dalam membuat model atau prototipe standardisasi pembangunan dan tata kelola pasar yang baik dan benar, Kementerian Perdagangan mengadopsi Pasar Modern BSD City.

Suistanability Development Sinar Mas Land Ilham Wahyudi, dalam paparannya menyampaikan konsep “SOP Pengeloaan Pasar Rakyat”.

Baca: 40 Kapal Terbakar di Pelabuhan Benoa, Sampai Siang Api Masih Berkobar

Baca: Jangan Anggap Remeh Campak, Ibu Hamil Paling Berisiko

Baca: Prediksi Skor Laga Prancis Vs Belgia, Simak 5 Fakta Menariknya

Acara ini dihadiri pula oleh sejumlah pejabat di jajaran Dinas Perdagangan se Kalteng dan pengelola pasar. Turut menjadi pembicara Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan Sihar Hardjopan Pohan dan Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu Shanty Dyah Ayu Anggraini.

Ilham menjelaskan, model yang disampaikan pada kesempatan tersebut akan menjadi acuan, atau standar operasional prosedur (SOP) pembangunan maupun revitalisasi pasar rakyat yang didanai oleh pemerintah.

Pemerintah sendiri menargetkan revitalisasi 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia hingga tahun 2019 mendatang.

"Adapun Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City, Tangerang, pada tahun 2004 diatas lahan seluas 3,2 ha. Hal ini dilakukan demi menampung pedagang-pedagang kecil dan menengah sekaligus mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City," jelas Ilham.

Pasar Modern BSD City yang pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa.

"Sinar Mas Land sendiri melalui pembangunan empat pasar tradisional modern di berbagai proyeknya, telah membina sekitar 3.000 UMKM," imbuhnya. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help