Sains

168 Napi Pria Diteliti, Ternyata Ini Akar Penyebab Psikopat

Mereka diminta mendengarkan rekaman suara dan menekan tombol apabila mendengar suara dengan intonasi yang sangat tinggi.

168 Napi Pria Diteliti, Ternyata Ini Akar Penyebab Psikopat
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM - Banyak temuan telah membantu kita lebih memahami dan mengenal psikopat.

Berbeda dari studi sebelumnya, para ilmuwan AS akhirnya berhasil mengungkap akar penyebab psikopat yang selama ini masih samar dipahami.

Menurut studi yang dilakukan ahli dari Mind Research Network dan Lovelace Biomedical and Environmental Research Institute, psikopat muncul karena gangguan pemusatan perhatian di otak.

Studi yang diterbitkan di jurnal Cognitive, Affective, & Behavioral Neuroscience edisi 9 April 2018 juga menegaskan bahwa penyakit mental satu ini sangat mungkin diatasi.

Baca: Prediksi Skor Laga Prancis Vs Belgia, Simak 5 Fakta Menariknya

Baca: Penerimaan CPNS 2018, Besok, 11 Juli Mekanisme Seleksi CPNS 2018 Dikupas, Ini Bocorannya

Baca: Jangan Anggap Remeh Campak, Ibu Hamil Paling Berisiko

"Sebagian besar orang melihat psikopat sebagai monster. Padahal, saya yakin kondisi mental yang sangat serius ini bisa diatasi," kata Nathaniel E. Andersaon salah satu peneliti kepada PsyPost via IFL Science, Jumat (6/7/2018).

"Perawatan psikopat sebenarnya sama dengan skizofrenia, autisme, dan depresi," imbuhnya.

Hal tersebut diyakini Andersaon setelah ia dan koleganya menganalisis temuan tahun 2010 yang menemukan hubungan antara gangguan pemusatan perhatian dengan sifat-sifat psikopat.

Untuk membuktikan teorinya, Anderson dan timnya meneliti 168 narapidana laki-laki yang telah disertifikasi memiliki sifat psikopat.

Semua responden diminta untuk menyelesaikan tugas eksentrik pendengaran.

Mereka diminta mendengarkan rekaman suara dan menekan tombol apabila mendengar suara dengan intonasi yang sangat tinggi.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved