Kabar Unik

Dokter Pakai Jebakan Khusus Agar 14 Ekor Cacing Gelang Dikeluarkan dari Perut Perempuan Ini

Selama sebulan, perempuan 38 tahun itu sampai kehllangan berat badan hingga 12 kilogram. Dia bersyukur dokter berhasil mengetahui penyakitnya.

Dokter Pakai Jebakan Khusus Agar 14 Ekor Cacing Gelang Dikeluarkan dari Perut Perempuan Ini
THE SUN
Cacing Ascaris lumbricoides atau cacing gelang. 

TRIBUNKALTENG.COM, NEW DELHI - Dokter rumah sakit di New Delhi, India, dilaporkan mengeluarkan 14 ekor cacing gelang yang berdiam di perut seorang perempuan.

Awalnya, Sunita bermaksud berobat karena dalam enam bulan terakhir, dia menderita demam, mengeluh sakit perut, hingga sakit kuning.

Dilansir Daily Mirror Rabu (2/5/2018), dari hasil CT Scan diketahui terdapat cacing gelang dengan ukuran antara 15 sampai 20 sentimeter di usus dan liver Sunita.

Dokter bedah di Rumah Sakit Fortis menggunakan jebakan dan forceps endoskopi tanpa melalui operasi untuk mengangkat cacing-cacing itu.

Baca: Heboh Ikan Kaleng Makarel Mengadung Cacing, Ini Penjelasan Terbaru BPOM

Baca: Berubah 360 Derajat, Syekh Puji Sekarang Tak Lagi Suka Pamer Gepokan Uang

Baca: Pelantikan Pengurus PW GP Ansor, 1000 Banser Kalteng Gelar Apel Besar

Pasca-operasi, Sunita berkata kalau dia mengalami sakit yang sangat hebat hingga membuatnya tidak bisa untuk sekadar berdiri.

Selama sebulan, perempuan 38 tahun itu sampai kehllangan berat badan hingga 12 kilogram. Dia bersyukur dokter berhasil mengetahui penyakitnya.

"Ketika pengangkatan berhasil dilakukan, saya merasa sakit saya telah lenyap. Saya mulai pulih, dan kondisi saya jauh lebih baik," lanjut Sunita.

Dr Arvind Kurana, Kepala Gastroenterologi berkata, mengangkat cacing yang berdiam di tubuh Sunita merupakan pekerjaan yang menakutkan.

"Sebab, melihat 14 cacing berdiam dalam tubuh manusia merupakan hal yang sangat langka," beber Kurana.

Bahkan, ketika melakukan second opinion di rumah sakit, dia mengalami salah diagnosa, dan hanya dianjurkan meminum antibiotik untuk mengurangi rasa sakit.

"Setelah kami melakukan diagnosa yang tepat, kami berhasil mengangkat cacing tersebut. Pasien merasa dia sudah tidak sakit lagi," lanjut Kurana.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: https://internasional.kompas.com/read/2018/05/02/23154141/dokter-di-india-angkat-14-ekor-cacing-dari-perut-seorang-perempuan.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved