Catat! 7 Sayuran Ini Lebih Bernutrisi Ketika Dimasak Ketimbang Dimakan Mentah

Saat ini ada tren di mana orang-orang senang mengonsumsi sayur dan berbagai makanan mentah. Diet raw food dianggap sangat baik untuk tubuh.

Catat! 7 Sayuran Ini Lebih Bernutrisi Ketika Dimasak Ketimbang Dimakan Mentah
intisari online
Mulai sekarang, makan sayuran ini dalam keadaan matang ya! 

TRIBUNKALTENG.COM - Saat ini ada tren di mana orang-orang senang mengonsumsi sayur dan berbagai makanan mentah. Diet raw food dianggap sangat baik untuk tubuh. Walau begitu, nyatanya ada beberapa sayuran yang justru lebih bernutisi jika sudah dimasak. Apa sajakah itu?

1. Wortel

Wortel sangat terkenal dengan kandungan beta karotennya. Nah, beta karoten ini akan makin tinggi konsentrasinya bila wortel sudah dimasak. Jika Anda ingin mendapatkan vitamin A yang optimal dari sayur ini, coba kukus atau panggang wortel sebentar sebelum dimakan. Wortel akan membuat mata Anda sehat, tulang kuat, gigi sehat, dan kulit bercahaya.

2. Jamur

Jamur adalah makanan yang cukup rumit. Ketika dimasak, vitamin D akan menurun. Namun, antioksidan dan vitamin C akan meningkat. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan antioksidan dan vitamin C yang tinggi, jangan lupa untuk memasak jamur.

3. Bayam

Bayam memiliki nutrisi yang banyak di balik daun hijaunya. Anda mungkin sudah tahu bahwa ketika dimasak, sayur bayam yang banyak akan jadi terlihat begitu sedikit. Hal ini sebenarnya cukup menjelaskan bahwa saat sudah dimasak, Anda bisa memakan kandungan nutrisi yang lebih banyak dan telah terpadatkan. Masaklah bayam dengan dikukus atau memakai microwave. Sebisa mungkin jangan rebus bayam karena proses ini malah akan merusak kandungan asam folat.

4. Asparagus

Sayur yang biasanya kita temukan dalam sup ini memiliki manfaat banyak jika sudah dimasak. Ketika terkena panas, serat di asparagus akan terpecah sehingga tubuh bisa mencernanya dengan lebih mudah. Penelitian juga menunjukkan bahwa memasak asparagus akan meningkatkan level antioksidan, beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan sejumlah zat bergizi lainnya.

5. Paprika

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help