Berita Kaltim

Kapten Tugboat Bahar 79 yang Tenggelam di Sungai Mahakam di Kubar Akhirnya Ditemukan Tim SAR

Kapten Tugboat Bahar 79 bernama Fredrik (49), yang tenggelam di perairan sungai Mahakam, Kutai Barat, beberapa hari lalu akhirnya ditemukan tim SAR

Editor: Sri Mariati
Basarnas Banjarmasin untuk BPost
Ilustrasi, Tim SAR Gabungan berhasil temukan Kapten Tugboat Bahar 79 bernama Fredrik (49), yang tenggelam di perairan sungai Mahakam, Kutai Barat, Kaltim. 

TRIBUNKALTENG.COM, SENDAWAR – Kapten Tugboat Bahar 79 bernama Fredrik (49), yang tenggelam di perairan sungai Mahakam, Kutai Barat, beberapa hari lalu akhirnya ditemukan tim SAR.

Upaya pencarian korban tersebut membuahkan hasil setelah jajaran Satpolairud Polres Kubar beserta unsur terkait lainnya.

Operasi pencarian selama kurang lebih 3 hari dengan mengerahkan sejumlah tim penyelam guna mencari keberadaan korban di lokasi kejadian.

Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman mengatakan saat ditemukan, korban dalam kondisi sudah meninggal dunia dan mengapung tidak jauh dari lokasi kejadian

"Korban merupakan warga Kecamatan Wono Asri, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur. Jenazahnya langsung dibawa ke RSUD HIS untuk kepentingan visum," katanya, Jumat (25/11).

Tugboat yang tenggelam sekira pukul 21.40 Wita itu sebelumnya terdapat lima anak buah kapal (ABK) termasuk diantaranya nahkoda bernama Noldi, yang ditemukan lebih awal dalam kondisi meninggal dunia serta Fredrik sang kapten kapal yang juga ditemukan sudah tak bernyawa.

Baca juga: Gelombang dan Puting Beliung Hantam KM Lembayung, Kapal Nelayan Muarakintap Tenggelam Satu Tewas

Baca juga: Korban Tenggelam di Sungai Riam Kiwa Kabupaten Banjar, Ditemukan Meninggal Sekitar Titik Tenggelam

Sementara tiga ABK lainnya berhasil menyelamatkan diri dengan cara melompat dan berenang ke tepi sungai.

Upaya pencarian terhadap korban juga sempat melibatkan unsur personel Basarnas Kaltim.

Sekaligus membantu tim gabungan yang sudah bekerja sejak awal yakni dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar, Satpolairud dan Polres Kubar.

Kemudian dibantu masyarakat, serta sejumlah perusahaan yang mengerahkan beberapa unit alat berat dan tugboat.

Seperti diketahui, Tugboat Bahar 79 tenggelam saat akan bersandar di pelabuhan PT Kruing, Kutai Barat.

Baca juga: Banjir Palangkaraya Minta Korban, Seorang Santri Ponpes Hidayatul Insan Meninggal Tenggelam

Baca juga: 3 Pelajar Digulung Ombak di Pantai Monpera Balikpapan, 1 Korban Tenggelam Masih Dilakukan Pencarian

Menurut keterangan salah satu ABK Samuel, berawal posisi lambung Tugboat Bahar 79 miring pada bagian belakang. Disebabkan, banyak air yang masuk tanpa diketahui sebelumnya.

Upaya mengeluarkan air juga sempat dilakukan Samuel dibantu Ever dan Renaldi menggunakan pompa celup, namun upaya tersebut tak membuahkan hasil hingga akhirnya tugboat tersebut tenggelam. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Kapten Tugboat yang Tenggelam di Sungai Mahakam di Kubar Ditemukan

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved