Berita Kalbar

Sempat Jadi DPO, Koruptor Pembanguan SMP Sajingan Ditangkap di Jakarta oleh Tim Kejati Kalbar

Pelarian seorang koruptor Kabupaten Sambas, Kalbar berinisial EM (44) ditangkap Tim Tabur Kejati Kalbar, kasus pembangunan SMP Sajingan Sambas

Editor: Sri Mariati
ILUSTRASI
ILUSTRASI. koruptor pembangunan SMP di Sajingan, Sambas, ditangkap Tim Tabur Kejati Kalbar di Jakarta. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMBAS – Usai sudah pelarian seorang Koruptor Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar). Tersangka berinisial EM (44) ditangkap Tim Tabur (Tangkap Buronan) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalbar.

EM merupakan tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi di Kabupaten Sambas, Kalbar, di Kelurahan Taman Sari, DKI Jakarta, Selasa (25/10/2022) sore.

Hal itu dijelaskan dalam konferensi pers oleh Kajati Kalbar Masyhudi melalui Koordinator Bidang Intelegen Kejati Kalbar Lukman Hakim, di kantor setempat.

Dijelaskan oleh Lukman, tersangka EM diduga telah melakukan tindak pidana korupsi pada pembangunan asrama siswa dan guru serta sarana olahraga SMPN 2 Sajingan, Kecamatan Sajingan, Kabupaten Sambas pada 2018 lalu.

Berdasarkan hasil audit BPKP Perwakilan Provinsi Kalbar akibat dugaan korupsi tersebut negara merugi lebih dari Rp117 juta.

Dalam proyek tersebut pelaksanaan kegiatan merupakan CV Setara Bangun Kontruksi, yang mana tersangka selaku Direktur CV tersebut dengan anggaran sebesar Rp665 juta bersumber dari APBN.

"Tersangka sudah dipanggil secara patut sebanyak 3 kali, namun mangkir dari panggilan, sehingga tersangka dimasukkan dalam daftar pencarian orang," jelasnya.

Baca juga: Sembunyi di Rumah Kos Jakarta Barat, Buron Kasus Korupsi Kejati Kalbar Ditangkap

Atas dugaan korupsi tersebut, tersangka akan dikenakan pasal 2 ayat 1 Jo Pasal 18 Ayat 1,2,3 UU RI Nomor 20 tahun 2021 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kemudian, tersangka juga akan dikenakan Pasal 3 Jo. Pasal 18 Ayat (1),(2) ,(3) UU RI No. 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Bersembunyi di Kosan

Tim Tabur Kejati Kalbar berhasil menangkap buronan kasus dugaan korupsi di Kabupaten Sambas, Kalbar yang bersembunyi di sebuah rumah kos di Jakarta Barat, DKI Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Kajari Negeri Sambas Agita Tri Moertjahjanto dalam konfrensi pers di Kantor Kejati Kalbar, menyampaikan bahwa penyelidikan kasus tersebut telah dilakukan pada Agustus 2020.

kemudian, November 2020, kasus tersebut sudah dinaikan statusnya menjadi penyidikan.

kemudian dilakukanlah penyidikan khusus Mei 2021, dan itu adalah penetapan tersangka pada 24 Mei 2021.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved