Piala AFF 2022

Nasib Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Jelang Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Minta Ini ke PSSI

Jelang Piala AFF 2022, kepastian nasib pemain naturalisasi keturunan yaitu Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama belum jelas, Shin Tae-yong

Editor: amirul yusuf
(Twitter AFFmecup)
Jadwal Piala AFF 2022 - Timnas Indonesia vs Thailand di Laga Pembuka 

TRIBUN KALTENG.COM - Jadwal Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, serta pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Berdasarkan jadwal AFF Cup, Timnas Indonesia akan memulai pertandingan pada 23 Desember 2022, Live Streaming Piala AFF dapat diakses di inews tv dan rcti.

Namun hingga jelang bergulirnya Piala AFF 2022, kepastian nasib pemain naturalisasi keturunan yaitu Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama apakah bisa berpartisipasi di ajang tingkat Asean tersebut.

Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa dia akan mempersiapkan timnas Indonesia dengan maksimal demi meraih gelar juara Piala AFF 2022.  Pelatih asal Korea Selatan itu pun akan memilih pemain dengan kondisi terbaik guna mengisi skuad timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berharap para pemain keturunan yang saat ini dalam proses naturalisasi bisa bermain di Piala AFF 2022.

Selain itu, Shin Tae-yong juga berharap tiga pemain keturunan bisa segera bergabung dengan timnas.  "Untuk pemilihan skuad, saya akan memilih yang terbaik kondisinya dan tentu ada pemain naturalisasi," kata Shin Tae-yong, dilansir dari laman PSSI

"Apalagi, saat ini Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama masih dalam proses naturalisasi, Kami berharap ketiganya dapat segera bergabung bersama timnas Indonesia," tutur Shin Tae-yong.

Baca juga: Ancaman Serius Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Malaysia Naturalisasi Pemain Asal Inggris

Ketiga pemain tersebut adalah Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), dan Shayne Pattynama (Viking FK).  Proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat hampir tuntas setelah Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyetujui pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada mereka.

Sementara itu, naturalisasi Shayne Pattynama belum menjelang tahap akhir karena administrasinya di Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetnad) harus dialirkan dahuku ke DPR RI untuk dibahas.

Apabila proses naturalisasi sudah rampung, ketiganya diharapkan bisa bergabung dengan timnas Indonesia di Piala AFF 2022 akhir tahun nanti

Namun, Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA, sehingga klub tidak wajib melepas pemain ke timnas Indonesia.  Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun menegaskan bakal segera melakukan komunikasi kepada klub Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

"Saya akan menjajaki jauh-jauh hari ke pemain apabila ada agenda timnas, supaya mereka bisa ikut," kata Iriawan, dilansir dari BolaSport.com.

"Kami memang kesulitan di sana. AFF bukan agenda FIFA, tetapi kami harus komunikasi. Buktinya waktu Saddil Ramdani (Sabah FC) bisa. Doakan bisa perkuat (timnas Indonesia)," kata Iriawan.

"Mereka bisa perkuat barisan belakang. Tingginya pas untuk blok bola atas," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    21
    14
    3
    4
    37
    25
    10
    45
    2
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    3
    PSM Makasar
    22
    12
    8
    2
    39
    8
    22
    44
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved