Berita Kalsel

Banjir di Kalsel, Jalan Putus Akibat Terendam Air Menuju Dusun 5 Bukitmulya Tanahlaut

Banjir di Kalsel, Jalan menuju Dusun 5 di Desa Bukitmulya, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanahlaut putus akibat terendam air yang terjadi Rabu kemarin

Editor: Sri Mariati
Banjarmasinpost.co.id / ida royani
Banjir di Kalsel, pengendara roda empat dan roda dua dari arah berlawanan mesti lewat bergantian karena arus air di lokasi genangan di Jalan A Yani Desa Jorong, masih cukup deras hingga Selasa (30/8/2022) siang. 

TRIBUNKALTENG.COM, PELAIHARI – Banjir di Kalsel, hujan lebat yang mengakibatkan banjir terjadi hari kemarin, membuat aktivitas sebagian warga terganggu.

Tepatnya di Desa Bukitmulya, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel). Bahkan kali ini dampaknya lebih luas.

Pasalnya jalan eks hauling yang menghubungkan induk permukiman dengan satu dusun lainnya (Dusun 5) putus total.

"Rabu dinihari sekitar pukul 02.00 WITA kemarin terputusnya saat banjir kembali melanda," sebut Pujiarto, warga Bujitmulya yang aktif memantau dan menangani kebencanaan, Kamis (1/8/2022).

Dikatakannya, curah hujan cukup tinggi terjadi sejak Selasa hingga Rabu. Akibatnya eks lubang tambang menganga yang cukup luas kembali penuh air.

Di tengahnya ada eks jalan hauling yang menghubungkan induk permukiman Bukitmulya ke Dusun 5.

Baca juga: Banjir di Kalsel, Warga Desa Karangrejo Mengungsi ke Rumah Keluarga, Sejumlah RT Terendam

Baca juga: Banjir di Kalsel, Jalan Desa Jorong Terendam Kendaraan Roda 2 & 4 Melintas Bergantian

Air berlimpah di lubang tambang tersebut mengalir deras ke lubang di sisi sebelahnya sehingga badan jalan eks hauling itu tak sanggup menahan. Longsor dan akhirnya putus total.

Kondisi tersebut praktis menyebabkan aktivitas warga Bukitmulya yang bekerja di perusahaan kelapa sawit maupun menyadap getah karet di wilayah Dusun 5, terganggu.

"Memang masih ada jalan alternatif tapi memutar lumayan jauh, lewat jalan CMN/LCM di Dusun 2 yang kondisinya juga licin," sebut Pujiarto.

Warga setempat pun berharap pihak terkait segera turun tangan memperbaiki jalan yang putus tersebut sehingga aktivitas dapat kembali normal.

Pujiarto menyebutkan panjang bentang jalan eks hauling yang putus tersebut sekitar tiga meter.

Baca juga: Banjir di Kalsel, Hujan Dua Jam Puluhan Rumah Kawasan Perumahan Guru Sungai Pering Terendam

Selain itu, lanjutnya, pada rentang jarak sekitar 20 meter juga ada badan jalan setempat di jalur eka hauling, yang juga longsor parah.

"Separo badan jalan logsornya," sebut Pujiarto.

Pada banjir yang terjadi pada pekan keempat Juli 2022 lalu, jalan eks hauling tersebut juga longsor parah, namun tak sampai terputus. (*)

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Jalan Menuju Dusun 5 Bukitmulya Kabupaten Tanahlaut Putus, Aktivitas Warga Kembali Terganggu

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved