Berita Nasional

Indonesia Ternyata Bukan Negara Terbanyak yang Makan Mi Instan, Efek Harga Mie Instan Naik?

Polemik harga mie instan yang disebutkan bakal naik tiga kali lipat, Indonesia ternyata bukan negara yang paling banyak makan mi instan

Editor: amirul yusuf
Kontan/Muradi
Menteri Pertanian Harga Mi Instan Naik Tiga Kali Lipat, ternyata Indonesia bukan paling banyak yang mengonsumsi mie instan 

TRIBUNKALTENG.COM - Polemik harga mie instan yang disebutkan bakal naik tiga kali lipat tengah ramai dibicarakan di Indonesia.

Semua itu berawal dari perkataan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyebut yang menyebutkan bahwa dampak perang antara Rusia dan Ukraina salah satunya adalah kenaikan harga mie instan.

Mentan menjelaskan, saat ini pasokan gandum dari Ukraina yang menjadi bahan baku pembuatan mie instan sedang mengalami masalah, dia mengungkap, kurang lebih 180 juta ton gandum tertahan di Ukraina dan tidak bisa dikirim.

Dia bahkan memperkirakan harga mie instan bakal naik hingga tiga kali lipat.

"Hati-hati yang makan mie banyak dari gandum, besok harganya naik tiga kali lipat” katanya dalam webinar Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Senin 8 Agustus 2022.

Walaupun begitu, ternyata Indonesia bukanlah negara dengan jumlah pemakan mi instan terbanyak di dunia.

Dilansir dari World Instant Noodles Association (WINA), mi instan bukanlah produk yang baru muncul beberapa tahun belakangan.

Menilik sejarahnya, makanan ini sudah ada setelah Perang Dunia II berakhir. Tepatnya, mi instan pertama kali eksis di Jepang pada 1958.

Namun kini, hampir setiap negara memiliki mi instan dengan ciri khas masing-masing. Beberapa negara juga tercatat sebagai pemakan mi instan terbanyak di dunia, dengan jutaan porsi.

Mi instan adalah makanan praktis yang tidak membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya.

Produk makanan ini mudah ditemukan, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran.

Mi instan adalah makanan praktis yang tidak membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya. Produk makanan ini mudah ditemukan, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran.

Berdasarkan data WINA per 13 Mei 2022, China dan Hong Kong berada di urutan pertama sebagai negara pemakan mi instan terbanyak. Kemudian, disusul oleh Indonesia dan Vietnam yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Bukan hanya Asia, daftar teratas negara pemakan mi instan juga ditempati negara di kawasan Amerika.

Menteri Pertanian sebut harga Mi Instan bakal naik tiga kali lipat
Menteri Pertanian sebut harga Mi Instan bakal naik tiga kali lipat (wikihow.com)
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved