Kalteng Expo 2022

Kalteng Expo 2022, Ribuan Pengunjung Penuhi Stand Pameran Hingga Pasar Rakyat

Pembukaan perhelatan pameran akbar Kalteng Expo 2022 dipenuhi ribuan pengunjung dan pasar rakyat di kawasan Jalan Temanggung Tilung Palangkaraya

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Ketua Dekranasda Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat memotong pita membuka ratusan stand indoor, outdoor, panggung hiburan dan pasar rakyat pada kegiatan Kalteng Expo 2022, Selasa (12/7/2022) malam. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pembukaan perhelatan pameran akbar Kalteng Expo 2022 dipenuhi ribuan pengunjung. Setelah 2 tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia.

Pameran yang digelar di Jalan Temanggung Tilung, Palangkaraya tersebut total ada 150 stand yang terdiri indoor, outdoor, hiburan dan pasar rakyat. Resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo.

Setelah penabuhan Katambung simbolis pembukaan, Ketua Dekransada Kalteng Ivo Yulistra Sugianto Sabran, mewakili memotong pita bewarna merah tepat di depan pintu masuk ruangan indoor pameran.

Pengunjung dari anak-anak, orang muda hingga dewasa pun langsung tumpa ruah memenuhi ratusan stand Kalteng Expo 2022.

Untuk melihat bahkan melakukan transaksi perekonomian, yang masing-masing daerah mengangkat produk unggulan mereka.

Baca juga: Kalteng Expo 2022, Mulai Dibuka Hari Ini, Panitia Siapkan Tujuh Lokasi Tempat Parkir Kendaraan

"Diharapkan dapat menciptakan wahana interaksi bisnis langsung maupun jangka panjang dan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan antar pelaku usaha, pembeli, dan investor," kata Edy Pratowo malam kemarin.

Dia menjelaskan, adanya Kalteng Expo 2022 guna meningkatkan promosi dan informasi peluang investasi. Serta produk-produk komoditas unggulan yang dimiliki tiap-tiap kabupaten/kota, agar dapat berkembang dan berorientasi pada ekspor.

Pantauan Tribunkalteng.com, para UMKM dan IKM yang unjuk gigi dalam pameran itu, memamerkan berbagai kerajinan dan ekonomi khas Kalteng.

Seperti Mandau, tas berbahan rotan, lukisan berbahan dasar kulit kayu, souvenir, perhiasan dari bebatuan, dupa dari gaharu, ukiran kayu gaharu, obat tradisional dari tumbuhan di Kalteng dan masih banyak lagi.

Salah satu UMKM pandai besi yang ikut pameran bernama Joko, mengungkapkan sangat baik adanya kembali Kalteng Expo 2022.

Baca juga: Kalteng Expo 2022, Persiapan Sudah 80 Persen, Libatkan Puluhan UMKM Lokal Pamerkan Produk Unggul

Baca juga: Kalteng Expo Bakal Diikuti Ribuan Peserta, Pamerkan Produk Unggulan Kerajinan hingga Pariwisata

Karena produk-produk lokal dapat dilestarikan bahkan berdampak ekonomi menghasilkan pundi-pundi rupiah.

"Bagus sekali, karena produk lokal di Kalteng dapat dilestarikan dan dikenal banyak masyarakat luas. Lebih-lebih dapat banyak yang beli sehabis dari Kalteng Expo 2022," ujar Joko.

Kalteng Expo 2022 ok
Seorang seniman musik saat menghibur ribuan pengunjung di Kalteng Expo 2022, Selasa (12/7/2022) malam.

Sementara itu, Revan seorang pengunjung juga menyampaikan apresiasinya. Selain dapat menikmati hiburan di panggung budaya yang disediakan panitia, dia dapat mengenal produk-produk yang dipamerkan.

"Sangat terhibur dan bermanfaat sekali untuk menambah pengetahuan. Ternyata produk lokal Kalteng tak kalah dengan produk daerah lainnya. Semoga tahun depan ada lagi lebih meriah dan berbobot," pungkas Revan. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved