Doa dan Amalan Islam

Panduan Niat Qadha Membayar Utang Puasa Ramadhan & Waktu yang Tepat untuk Mengerjakannya

Berikut ini bacaan niat Qadha atau membayar utang puasa Ramadhan seusai dengan jumlah yang terutang dan waktu yang tepat untuk mengerjakannya.

Editor: Rahmadhani
Tribun Pontianak/Endro
Ilustrasi Qadha atau membayar utang puasa Ramadhan 

TRIBUNKALTENG.COM - Berikut ini adalah bacaan niat Qadha atau membayar utang puasa Ramadhan seusai dengan jumlah yang terutang dan waktu yang tepat untuk mengerjakannya.

Umat muslim yang tidak mampu menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan kemarin, diberikan keringanan dengan cara qadha puasa.

Qadha puasa wajib hukumnya yaitu dengan mengganti puasa di hari lain.

Baca juga: Hati-hati, Silaturahmi di Bulan Syawal Bisa Jerumuskan ke Jurang Maksiat, Ini Penjelasan Buya Yahya

Dikutip dari kepri.kemenag.go.id, ketentuan qadha puasa, yaitu bagi mereka yang tidak mampu melaksanakan puasa karena dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan yang jauh dan bersifat temporer.

Mereka diwajibkan mengganti puasanya sebanyak hari yang ditinggalkan di luar bulan ramadhan.

Ketentuan membayar utang puasa Ramadan dapat dilihat jelas dalam firman Allah pada Q.S. Al-Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya:

(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu.

Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin.

Halaman
123
Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved