Berita Kalbar

5 Hektare Lahan Terbakar di Rasau Jaya Kalbar, Tim Satgas Karhutla Lakukan Pemadaman

Tim Satgas Karhutla Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya bergerak cepat untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan sekitar 5 hektare

Editor: Sri Mariati
Dok Polres Kubu Raya
Tim Satgas Gabungan Karhutla Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya lakukan pemadaman kebakaran lahan di lokasi sekunder lintang RT. 02 RW. 04 Dusun Suka Damai Desa Pematang Tujuh Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (17/22022). 

TRIBUNKALTENG.COM, KUBU RAYA – Bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai mengintai wilayah di Kalimantan Barat (Kalbar). Kali ini karhutla terjadi di Kecamatan Rasau Jaya, Kubu Raya.

Tim Satgas Karhutla Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya bergerak cepat untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan.

Tepatnya di lokasi sekunder lintang RT.02 RW. 04 Dusun Suka Damai Desa Pematang Tujuh Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya Kalbar, Kamis (17/2/2022).

Tim satgas karhutla Melalui Aplikasi BMKG titik koordinat Low Hotspot Koordinat: = -0°12’4, 109°17’25”, 166,2ft,298° ditemukan adanya kebakaran lahan.

 “Kami bersama tim satgas Kecamatan Rasau Jaya mendatangi kebakaran lahan yang terletak diujung parit cina dan parit berkat Dusun Suka Damai Desa Pematang Tujuh, dimana diketahui lahan tersebut di rawat atau dijaga Heri," jelas Kapolsek Rasau Jaya Iptu Setyo.

Baca juga: Pemprov Kalteng Menargetkan Satgas Karhutla Paling Lambat Terbentuk Bulan Januari

Baca juga: Karhutla di Palangkaraya, Polisi Selidiki Kebakaran Lahan Gambut di Kawasan Bandara Tjilik Riwut

Dari hasil pemantauan di TKP diketahui lahan yang terbakar diperkirakan kurang lebih 5 hektare, lahan ditumbuh Ilalang, hutan sedang dengan ukuran kayu kecil dan tanah gambut.

‘Kendala tim Satgas Karhutla dimana lokasi tersebut tidak terdapat lokasi sumber air serta jarak tempuh kelokasi sekitar 25 menit dan jarak sekitar 40 km dari Polsek Rasau Jaya” jelasnya.

Baca juga: Karhutla di Palangkaraya, Petugas Patroli Keliling Pantau Kawasan Rawan Terbakar

“Upaya yang kita lakukan bersama tim satgas karhutla kecamatan Rasau Jaya mendatangkan Damkar dari perusahaan PT PLD dan PT SUM Dengan mengirimkan truk tangki berisi air guna melakukan pemadam kebakaran hutan dan lahan sehingga tidak meluas,” tutup kapolsek. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Tim Gabungan Satgas Karhutla Kecamatan Rasau Jaya Lakukan Pemadaman Api di Desa Pematang Tujuh.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved